Hadapi Banjir Jakarta, Ini Tips Jaga Kesehatan bagi Ibu Hamil

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Hadapi Banjir Jakarta, Ini Tips Jaga Kesehatan bagi Ibu Hamil
Bocah berenang saat banjir di Jalan Raya Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/02). [Suara.com/Alfian Winanto]

Tips kesehatan untuk ibu hamil yang terdampak banjir Jakarta yang sedang trending topic di Twitter.

Suara.com - Banjir menjadi trending topic di Twitter dan Google Trends Indonesia hari ini, Selasa (25/2/2020). Hal itu karena curah hujan tinggi membuat sebagian wilayah DKI Jakarta terendam banjir sejak Senin (24/2/2020) kemarin.

Tak hanya merendam perumahan warga, banjir juga berdampak hingga kantor pemerintah dan beberapa sekolahan yang akhirnya terpaksa diliburkan. Bahkan sejumlah ruas jalan di ibu kota menjadi lumpuh total akibat terendam banjir.

Banjir Jakarta tidak hanya berdampak pada aktivitas sehari-hari, tetapi juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan psikis orang-orang yang terdampak, terutama ibu hamil.

Perlu diketahui, banjir bisa memicu stres dan kellelahan pada ibu hamil, terutama di kehamilan trimester akhir. Tetapi, ibu hamil tak perlu panik dengan ancaman risiko penyakit dan lainnya akibat banjir.

Dilansir oleh hellosehat.com, ada beberapa hal yang bisa dilakukan saat dan setelah menghadapi bencana banjir selama kehamilan.

Ibu hamil gadget. (shutterstock)
Ibu hamil. (shutterstock)
  1. Pastikan Anda sudah mempersiapkan perlengkapan darurat sebelum terjadinya banjir untuk berjaga-jaga. Jadi Anda akan lebih siap membawanya ketika terjadi banjir dan harus meninggalkan rumah.
  2. Jangan lupa memberi tahu panitia posko pengungsi banjir jika Anda sedang hamil (ini dilakukan apabila Anda mengungsi di posko).
  3. Usahakan minum vitamin, suplemen dan obat-obatan yang dibutuhkan selama kehamilan. Jangan lupa juga untuk mencukupi kebutuhan makan Anda.
  4. Lanjutkan perawatan atau pemeriksaan kehamilan rutin ketika kondisi sudah aman.
  5. Lindungi diri Anda dengan sering mencuci tangan, menjauhi tempat kotor, serta menjaga jarak dengan orang yang sakit.

Semoga ibu hamil sehat terus, ya!

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS