Bawang Putih Hingga Minyak Wijen, Benarkah Bisa Tangkal Corona Covid-19?

M. Reza Sulaiman | Frieda Isyana Putri
Bawang Putih Hingga Minyak Wijen, Benarkah Bisa Tangkal Corona Covid-19?
Ilustrasi virus Corona (Coronavirus) Covid-19. (Shutterstock)

Di tengah derasnya arus informasi tentang virus Corona Covid-19, penting bagi kita untuk bisa memilah mana yang mitos mana yang fakta.

Suara.com - Bawang Putih Hingga Minyak Wijen, Benarkah Bisa Tangkal Corona Covid-19?

Virus corona atau Covid-19 mulai mewabah di China dan negara lain pada akhir 2019. Pada 30 Januari 2020, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan wabah ini sebagai darurat global.

Hingga kini, virus corona telah masuk ke 67 negara dengan 88.590 orang positif terinfeksi di seluruh dunia.

Di Indonesia baru saja dikonfirmasi dua orang terjangkit positif virus corona, setelah cukup lama Indonesia mempertahankan status zero. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengedukasi diri kita agar tidak termakan informasi-informasi yang salah sasaran mengenai virus mematikan ini.

Berikut adalah mitos mengenai deretan makanan yang bisa bantu menangkal virus corona seperti dihimpun oleh Suara.com.

1. Bawang putih bisa cegah virus corona

Dilansir dari situs resminya, WHO menyebut meski bawang putih merupakan makanan sehat dan memiliki sifat antimikroba, makan bawang putih bukanlah langkah pencegahan virus Corona yang tepat.

"Tidak ada bukti yang menunjukkan makan bawang putih dapat melindungi orang dari wabah virus Corona baru ini," tulis WHO.

Mitos virus corona covid-19. (Dok. WHO)
Mitos virus corona covid-19. (Dok. WHO)

2. Balurkan minyak wijen bisa tangkal virus corona

WHO kembali menulis di situs resminya bahwa hal ini adalah mitos dan minyak wijen tidak bisa membunuh virus corona. Memang ada beberapa disinfektan yang bisa membunuh virus Covid-19 dipermukaan, seperti pemutih atau disinfektan berbahan dasar klorin seperti kloroform, etanol 75 persen, dan pelarut.

"Akan tetapi mereka hanya berdampak sangat kecil pada virus jika dibalurkan di kulit atau di bawah hidung. Malah justru berbahaya jika menggunakan bahan kimia ini di kulit Anda," demikian dilaporkan WHO.

Mitos virus corona covid-19. (Dok. WHO)
Mitos virus corona covid-19. (Dok. WHO)

3. Mengonsumsi asam asetat, menggunakan minyak esensial bisa melindungi diri dari serangan virus corona.

Dikutip dari John Hopkins Medicine, ada yang menyebut bahwa berkumur dengan pemutih, meminum asam asetat, air garam ataupun menggunakan minyak esensial bisa melindungi diri kita dari serangan virus corona.

Faktanya, tidak ada satu pun bahan-bahan di atas bisa melindungi Anda dari wabah corona virus namun malah justru membahayakan nyawa Anda.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS