Cerita Andrea Dian Saat Lakukan Swab Covid-19: Rasanya Ingin Muntah

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
Cerita Andrea Dian Saat Lakukan Swab Covid-19: Rasanya Ingin Muntah
Andrea Dian [Instagram/@andreadianbimo]

Kata Andrea, rasanya sangat menyiksa.

Suara.com - Cerita Andrea Dian Saat Lakukan Swab Covid-19: Rasanya Ingin Muntah

Sebagai orang yang pernah dinyatakan positif terinfeksi virus corona Covid-19 dan terpaksa harus diisolasi sembari menjalani pengobatan, Andrea Dian kini terang-terangan berbagi pengalamanya saat menjalani prosedur pengambilan spesimen dengan metode swab.

Lewat duskusi online di Video, Andrea mengaku harus sedikit berjuang kala kapas kecil seperti cutton bud masuk ke rongga hidung dan tenggorokannya. Kata Andrea, rasanya sangat menyiksa.

Cara menguji Covid-19 menggunakan teknik swab hidung (YouTube/The New England Journal of Medicine)
Cara menguji Covid-19 menggunakan teknik swab hidung (YouTube/The New England Journal of Medicine)

"Ada rasa pengen muntah juga, itu juga bisa. Apalagi pas lagi dimasukin ke tempat untuk ambil cairan yang di tenggorokan karena itu ngambilnya bukan cuman di luarnya aja ya itu benar-benar masuk ke dalam yang kita nggak bisa lihat," ujar Andrea dalam diskusi online di aplikasi Vidio, Rabu (28/4/2020).

Ia mengatakan, bisa saja orang yang tidak tahan akan batuk menyembur dan mengenai orang yang mengambil spesimen.

Oleh karena itu, Ia memahami mengapa orang yang mengambil spesimen harus mengenakan alat perlindungan diri (APD) lengkap.

"Makanya orangnya yang ngambil pun harus lengkap banget peralatannya. Takutnya kan kena cairan-cairan di tubuh kita pas akan diambil," terang dia.

Setelah proses pengambilan spesimen, istri dari presenter Ganindra Bimo itu harus menunggu hasil tes selama 3 hari. Ketika hasil dinyatakan positif,  ternyata ia dinyatakan positif, Andrea mengaku fisiknya baik-baik saja dan hanya mengalami gejala ringan.

"Pada saat nunggu itu, aku ke dalam keadaan yang udah nggak ada panas demam lagi, udah normal semuanya. Aku nggak ada gejala kayak kebanyakan orang yang pikirkan, kayak ada batuk, sesak napas atau kayak ada yang sampai diare itu gitu aku nggak ada sama sekali," terang Andrea.

unggahan Andrea Dian usai dinyatakan sembuh dari virus corona [Instagram/@andreadianbimo]
unggahan Andrea Dian usai dinyatakan sembuh dari virus corona [Instagram/@andreadianbimo]

Bahkan selama ia menjalani masa isolasi di rumah sakit rujukan pun, Andrea masih bisa menjalani hobinya yakni berolahraga meski berdasarkan hasil tes PCR dan CT scan paru-parunya memiliki sedikit 'kabut'.

"Kayak hasil medis, iya itu emang kurang bagus. Tapi kalau dilihat secara normal, aku sehat sampai akhirnya aku dipindahin ke rumah sakit rujukan RSAL Dr. Mintoharjo," tutupnya.

Kini Andrea sudah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang, setelah spesimennya dua kali diambil dan keduanya dinyatakan negatif. Sekarang, selain menjaga kesehatan Andrea sudah bisa beraktifitas seperti sediakala dan bertemu dengan suaminya tercinta.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS