Cegah Gelombang Kedua Virus Corona Covid-19, Lakukan 5 Langkah Ini!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Cegah Gelombang Kedua Virus Corona Covid-19, Lakukan 5 Langkah Ini!
Ilustrasi virus corona Covid-19. [Shutterstock]

Gelombang kedua virus corona Covid-19 bisa dicegah dengan melakukan beberapa langkah berikut selama masa penguncian.

Suara.com - Masa penguncian di Inggris telah dilonggarkan dengan membuka kembali sekolah dan pasar di tengah wabah virus corona Covid-19 yang belum mereda.

Tapi, pelonggaran aturan penguncian di Inggris ini dianggap sebagai ancaman baru. Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson pun berpendapat serupa.

Karena, pelonggaran ini bisa memicu gelombang kedua virus corona Covid-19 ketika vaksin belum ditemukan.

"Kondisi ini bisa memicu gelombang kedua. Virus akan menyebar lebih luas sehingga memicu puncak kasus lain," kata Dr Crish Smith, konsultan ahli virus di Universitas Cambridge dikutip dari The Sun.

Contohnya, Korea Selatan mengalami lonjakan kasus infeksi virus corona Covid-19 di klub malam dan bar ibu kota Seoul pada awal Mei 2020. Lonjakan kasus ini terjadi tak lama setelah pelonggaran aturan penguncian diterapkan.

Baca Juga: Apakah Sabun Batang Aman Digunakan Selama Pandemi Covid-19?

Padahal ada cara lain untuk membantu mencegah terjadinya gelombang kedua virus corona Covid-19 selama masa penguncian. Berikut di antaranya:

Virus Corona Covid-19 masih menjadi momok di China, dengan jumlah korban terus mengalami peningkatan. (Shutterstock)
Virus Corona Covid-19 masih menjadi momok di China, dengan jumlah korban terus mengalami peningkatan. (Shutterstock)

1. Jaga jarak

Risiko infeksi virus corona Covid-19 semakin tinggi ketika kita berada di dekat orang yang terinfeksi. Karena, jaga jarak fisik yang penting dan harus dilakukan untuk mencegah penularan. Kuncinya, jangan terlalu dekat dengan orang lain selama pandemi, meki hanya sebentar.

Baca Juga: Kembangkan Vaksin Covid-19, Turki dan Rusia Sepakat Kerja Sama

2. Cuci tangan

Cuci tangan adalah cara paling efektif mencegah penularan virus corona Covid-19. Karena itu, penting menerapkan pola hidup bersih dan selalu mencuci tangan pakai sabun dan air untuk membunuh virus.

3. Masker

Ahli kesehatan sempat mengatakan masker bisa memberikan rasa aman yang palsu. Sehingga orang kurang memerhatikan jarak sosial, kebersihan tangan dan lainnya yang meningkatkan risiko infeksi virus corona Covid-19.

Tapi, Anda tetap perlu mengenai masker untuk melindungi diri sendiri dan orang lain di rumah tanpa gejala.

4. Hindari kerumunan

Anda bisa menurunkan risiko penularan virus dan terjadinya gelombang kedua virus corona Covid-19. salah satunya menghindari kerumunan orang.

Karena, kerumunan hanya akan meningkatkan risiko infeksi virus corona Covid-19. Bahkan Anda disarankan untuk menghindari penggunaan transportai umum.

5. Cuci pakaian

Ada beberapa bukti yang menunjukkan virus corona Covid-19 bisa bertahan di kain selama beberapa hari. Karena itu, penting pula untuk mencuci baju secara teratur selama pandemi virus corona Covid-19.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS