alexametrics

Rekomendasi Menu Diet Sehat, Simak!

Rifan Aditya
Rekomendasi Menu Diet Sehat, Simak!
Tren Diet Sehat 2020. (Shutterstock)

Diet harus dilakukan dengan memenuhi nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan cara membuat daftar menu diet sehat.

Suara.com - Diet merupakan salah satu upaya untuk menurunkan berat badan dengan mengurangi porsi makanan yang dikonsumsi. Diet harus dilakukan dengan memenuhi nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan cara membuat daftar menu diet sehat.

Untuk diperhatikan, diet harus dilakukan dengan pola makan yang seimbang yang dapat menjaga kesehatan tubuh maupun memulihkan kondisi tubuh yang kurang prima.

Setiap harinya, tubuh memerlukan asupan yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Karbohidrat diperlukan sebagai sumber energi utama dalam tubuh. Makanan yang mengandung karbohidrat antara lain makanan yang terbuat dari biji-bijian.

Baca Juga: Bukan Keto, Ini 5 Jenis Diet Sehat yang Efektif

Untuk proses diet, konsumsi karbohidrat harus dibatasi seperti nasi putih, minuman kemasan, bersoda, permen, kue dan keripik kentang.

Selanjutnya adalah protein sebagai sumber energi yang dapat menumbuhkan jaringan tubuh, menjaga kesehatan tubuh dan membantuh tubuh untuk menyembuhkan diri. Makanan yang wajib dikonsumsi dalam takaran tertentu adalah telur, ikan, daging, kedelai, keju.

Tubuh juga memerlukan asupan lemak untuk menjaga sistem imun, dan membantu tubuh menyerap vitamin. Meski begitu, konsumsi lemak perlu dibatasi untuk agar tidak meningkatkan resiko terkena masalah kesehatan saat diet.

Vitamin dan mineral juga diperlukan untuk membantu organ tubuh menjalankan fungsinya dengan baik. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya akan vitamin dan mineral seperti buah-buahan sebagai makanan pendaming.

Berikut ini merupakan menu diet sehat yang disarankan untuk dikonsumsi sehari-hari:

Baca Juga: Tips Diet Sehat yang Tidak Membahayakan Tubuh

  • Sarapan
    Menu diet saat sarapan yang dapat dikonsumi adalah dua lembar roti gandum utuh dan mentega serta minum teh atau kopi.
  • Makan Siang
    Menu diet yang disarankan saat makan siang antara lain dada ayam yang dibalur dengan mentega atau minyak zaitun, sayuran rebut, kentang, dan minum air putih.

  • Makan malam
    Saat makan malam dianjurkan untuk tidak makan di atas pukul 7 malam agar proses pencernaan dapat dilakukan tidak terlalu mendekati waktu tidur. Menu diet yang dianjurkan adalah daging tanpa lemak, kentang, air putih.

Itulah rekomendasi menu diet sehat versi Suara.com.

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Komentar