alexametrics

Gejala Kanker Lidah Sulit Dikenali, Cegah dengan Ketahui Ragam Penyebabnya

M. Reza Sulaiman | Luthfi Khairul Fikri
Gejala Kanker Lidah Sulit Dikenali, Cegah dengan Ketahui Ragam Penyebabnya
Ilustrasi lidah. (Shutterstock)

Tidak memiliki gejala khas membuat kanker lidah sering dianggap remeh sebagai sariawan. Celakanya, kanker lidah baru bisa dikenali ketika gejala yang muncul sudah berat.

Suara.com - Tidak memiliki gejala khas membuat kanker lidah sering dianggap remeh sebagai sariawan. Celakanya, kanker lidah baru bisa dikenali ketika gejala yang muncul sudah berat.

Dilansir Alodokter, kanker lidah lazimnya diawali dengan munculnya benjolan yang tak kunjung sembuh. Jenis kanker ini juga lebih sering dialami oleh pria berusia di atas 60 tahun. Salah satu pemicunya adalah kebiasaan merokok.

Hal itu juga yang pernah dialami ibunda komedian Tri Retno Prayudati atau Nunung. Sang ibunda, Juarti Pranowo, meninggal dunia pada Minggu 19 April 2020, karena sempat mengalami kanker lidah.

Tak hanya ibunda Nunung, sosok cantik artis FTV bernama Cecillia Putty Vickend juga meninggal karena mengidap kanker lidah stadium 4. Gadis berusia 26 tahun ini tutup usia pada 26 Desember 2012 lalu.

Baca Juga: Bisa Timbul Luka, Berikut Perawatan Rumahan Bibir Pecah-pecah

Sulit dikenali membuat pencegahan menjadi langkah utama agar tidak terserang kanker lidah. Untuk mencegah kanker lidah, ketahui ragam penyebabnya berikut ini:

1. Faktor keturunan

Seseorang yang orang tuanya pernah terkena kanker mulut atau kanker lidah akan lebih berisiko terkena kanker lidah.

Biasanya kanker lidah dengan faktor risiko keturunan akan muncul pada usia muda.

2. Kebiasaan merokok

Baca Juga: Jangan Abaikan Perubahan Warna Lidah, Bisa Jadi Itu Tanda Serangan Jantung!

Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko munculnya kanker mulut, termasuk kanker lidah. Racun dalam asap rokok dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat tubuh sulit untuk melawan sel kanker.

Komentar