alexametrics

Anang Hermansyah Punya Masalah GERD, Ketahui Bedanya dengan Maag Biasa!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Anang Hermansyah Punya Masalah GERD, Ketahui Bedanya dengan Maag Biasa!
Pasangan selebritis Anang dan Ashanty tertawa saat menjawab pertanyaan awak media di Gedung Reskrimum, Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (7/8). [Suara.com/Alfian Winanto]

Ashanty menjelakan bahwa Anang Hermansyah memiliki beberapa masalah pada lambung, yakni GERD dan refluks.

Suara.com - Anang Hermansyah akhirnya sudah menjalani operasi kecil di bagian lambung di rumah sakit di Bali. Sebelumnya, Anang Hermansyah didiagnosis memiliki masalah lambung kronis ketika memeriksakan kondisi kakinya beberapa waktu lalu.

Ashanty yang menemani Anang Hermansyah menjalani operasi di rumah sakit pun sempat memperlihatkan kondisi suaminya. Ashanty sempat bercerita Anang memiliki GERD dan refluks yang membuat lambungnya bermasalah.

"Ternyata dia ada masalah di ginjal, ada masalah di lambung itu GERD sama refluks. Tadi dibiopsi juga diambil mau dicek, kira-kira ada yang berbahaya atau enggak. Itu seminggu hasilnya," jelas Ashanty dalam YouTube The Hermansyah A6.

Selain masalah lambung, Ashanty juga mengatakan Anang Hermansyah memiliki kondisi jantung kurang baik dan darah tinggi.

Baca Juga: Berisiko Sebarkan Virus Corona, Hati-Hati Sentuh 6 Permukaan Benda Ini!

"Terus juga ada penebalan di jantung dan paling parah darahnya tinggi banget," jelasnya.

Anang dan Ashanty melihat buku menu (YouTube The Hermansyah A6)
Anang dan Ashanty melihat buku menu (YouTube The Hermansyah A6)

GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease adalah masalah kesehatan ketika cairan asam lambung naik ke esofagus (kerongkongan) hingga mulut. Masalah pencernaan ini berbeda dengan maag.

Sebagian besar orang dengan sakit maag mungkin saja mengembangkan GERD. Tapi dilansir dari Hello Sehat, perbedaan antara GERD dan maag adalah timbulnya heartburn atau sensasi terbakar di dada.

Kenaikan asam lambung ini bisa mengiritasi dinding esofagus dan menimbulkan rasa panas pada dada hingga kerongkongan.

Gejala umum GERD biasanya lebih berat dari maag, seperti sakit pada dada, kesulitan menelan, naiknya cairan asam dari lambung dan rasa mengganjal pada tenggorokan.

Baca Juga: Kini Risiko Kematian Pasien Virus Corona Lebih Kecil, Ini Sebabnya!

Sementara itu, GERD juga bisa menimbulkan beberapa gejala di malam hari seperti batuk kronik, laringitis, timbul asma dan gangguan tidur.

Komentar