alexametrics

Psikiatris Inggris: Kesehatan Mental Pasien Corona Harus Lebih Diperhatikan

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fita Nofiana
Psikiatris Inggris: Kesehatan Mental Pasien Corona Harus Lebih Diperhatikan
Ilustrasi Pasien Covid-19. (Pexels)

Royal College of Psychiatrists memperingatkan bahwa kesehatan mental pasien virus corona Covid-19 harus lebih diperhatikan.

Suara.com - Royal College of Psychiatrists memperingatkan bahwa kesehatan mental pasien virus corona Covid-19 harus lebih diperhatikan. Sebab, virus corona Covid-19 telah dipercaya bisa menyebabkan stres traumatis dan kecemasan serta depresi jangka panjang.

"Banyak bukti bahwa virus secara langsung menyerang sistem saraf pusat di mana dapat memengaruhi kesehatan mental," kata Dokter Adrian James, presiden Royal College of Psychiatrists seperti yang dikutip dari The Independent.

"Kita perlu segera menyadari konsekuensi kesehatan mental yang sangat serius bagi orang-orang yang tertular Covid-19 dan untuk keluarga mereka yang cacat atau terbunuh akibat penyakit ini," imbuhya.

Menurut James, tindakan penecegahan yang lebih ketat untuk mengendalikan virus diperlukan untuk meminimalkan penyakit mental terkait Covid-19 semaksimal mungkin. Dia mengatakan tidak akan ada jalan keluar dari dampak kesehatan mental akibat virus yang tak terkendali.

Baca Juga: Begini Cara Sederhana Hilangkan Stres di Kala Pandemi Covid-19

"Situasi saat ini sangat menantang ketika. Dan saya pikir saat kita melangkah lebih jauh ke gelombang kedua virus corona Covid-19, maka kesehatan mental akan menjadi lebih buruk," kata Dr. James yang juga seorang psikiater forensik di Devon Partnership NHS Trust.

Ilustrasi kesehatan mental. (Unsplash/Priscilla Du Preez)
Ilustrasi kesehatan mental. (Unsplash/Priscilla Du Preez)

"Jika pemerintah akan mendanai semua konsekuensi kesehatan fisik dari Covid-19, mereka juga perlu mendanai konsekuensi kesehatan mental dari Covid-19 serta kesehatan fisik," imbuhnya.

Menurut James, penguncian, konsekuensi sosial ekonomi,  kesulitan ekonomi menjadi salah satu penyebab masalah kesehatan mental masyarakat.

Komentar