alexametrics

Marshanda Pernah Coba Atasi Bipolar Tanpa Pengobatan, Apakah Bisa?

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Marshanda Pernah Coba Atasi Bipolar Tanpa Pengobatan, Apakah Bisa?
Marshanda (Sumarni/Suara.com)

Ini terjadi saat 2009, masa awal Marshanda didiagnosis dengan gangguan bipolar.

Suara.com - Artis Marshanda mengungkapkan fakta yang terjadi di balik videonya yang viral 2009 dahulu, saat ia baru saja didiagnosis dengan gangguan bipolar.

Dalam kanal YouTube TRANS TV Official yang diunggah beberapa waktu lalu, perempuan yang akrab disapa Caca ini mengaku saat itu ia sedang mengalami masalah cukup pelik.

"Jadi memang pada masa itu gue memang lagi proses perceraian. Nah terus pada waktu yang sama juga, pas 2009 itu gue didiagnosa punya bipolar disorder," ujarnya.

Seiring berjalannya waktu, Caca mengatakan bahwa dia mencari cara agar tetap stabil dan sehat tanpa konsumsi obat-obatan.

Baca Juga: Sering Disalahartikan Bipolar, Ketahui Fakta Gangguan Kepribadian Ambang!

Berdasarkan Psychology Today, bagi dewasa muda yang baru saja menerima diagnosis gangguan bipolar, pengobatan psikiatri biasanya termasuk aspek penting dari rekomendasi pengobatan awal.

Marshanda dan Cecep Reza [YouTube/Marshed]
Marshanda dan Cecep Reza [YouTube/Marshed]

Tetapi bagi beberapa orang, obat adalah pengingat bahwa mereka memiliki penyakit yang tidak diinginkan.

Psikolog dan penulis buku Facing Bipolar: The Young Adult's Guide to Dealing with Bipolar Disorder, Russ Federman, Ph.D., mengatakan hal ini sebenarnya tidak direkomendasikan, terutama bagi penderita awal.

Namun, apabila tetap ingin melakukannya, ia merekomendasikan untuk melibatkan dokter atau psikiaternya.

Menurut Medical News Today, pengobatan sebenarnya dapat membantu penderita mengelola gejala bipolar, meski akan ada efek samping.

Baca Juga: Apa Itu Gangguan Kepribadian Ambang yang Dianggap Mirip Bipolar?

Melalui wawancara, 10 orang penderita bipolar dan mereka telah berhenti untuk minum obat untuk jangka waktu tertentu menjelaskan bagaimana mereka mengelola penyakitnya.

Komentar