alexametrics

Anak Vanessa Angel Kena Kolik, Ketahui Cara Meredakan Kondisi Ini

Yasinta Rahmawati
Anak Vanessa Angel Kena Kolik, Ketahui Cara Meredakan Kondisi Ini
Suami Vanessa Angel, Bibi Ardiansyah dan anaknya. [Instagram/@vanessaangelofficial]

Kolik biasanya memuncak saat bayi berusia sekitar enam minggu dan sembuh dengan sendirinya setelah usia tiga hingga empat bulan.

Suara.com - Aktris Vanessa Angel sendiri sedang mendekam di penjara arena kasus kepemilikan 20 butir psikotropika jenis Xanax. Vanessa mendapat hukuman pidana penjara selama tiga bulan.

Suami Vanessa, yakni Febri Ardiansyah pun baru-baru ini mengunggah Instagram Story tentang anak mereka, Gala, di akun milik Vanessa.

Ia mengutarakan bahwa Gala sering menangis hingga berjam-jam, bahkan semalaman semenjak ibunya mendekam di penjara. Dalam postingan, Febri menduga bahwa anaknya sedang terkena kolik.

"Sepertinya Gala terkena kolik karena dalam 4 hari ini nangis terus dari jam 11 - 6 pagi. Ada ide moms cara mengatasinya? aku abis tanya dokter DSA katanya gapapa. tapi ya gw kasian juga ini anak kurang sentuhan maminya," tulis Bibi Ardiansyah.

Baca Juga: Tangis Histeris Anak Korban Pembunuhan di Samosir: Kembalikan Bapakku!

Rewel dan menangis adalah hal yang wajar bagi bayi, terutama selama tiga bulan pertama. Secara umum, kolik didefinisikan sebagai bayi sehat yang menangis berkepanjangan selama tiga jam atau lebih sehari, tiga kali atau lebih dalam seminggu, dan setidaknya selama tiga minggu.

Aktris Vanessa Angel akan masuk ke mobilnya sambil menggendong anaknya, Gala Sky usai  menjalani sidang putusan terkait kasus narkoba di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Kamis (5/11). [Suara.com/Alfian Winanto]
Aktris Vanessa Angel akan masuk ke mobilnya sambil menggendong anaknya, Gala Sky usai menjalani sidang putusan terkait kasus narkoba di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Kamis (5/11). [Suara.com/Alfian Winanto]

Dilansir dari Mayo Clinic, kolik bisa sangat membuat frustasi bagi orang tua karena tangisan bayi terjadi tanpa alasan yang jelas dan tidak ada penghiburan yang tampaknya membawa kelegaan. Kolik sering terjadi pada malam hari, ketika orang tua sendiri sering lelah.

Kolik biasanya memuncak saat bayi berusia sekitar enam minggu dan menurun secara signifikan setelah usia tiga hingga empat bulan.

Karena penyebab kolik tidak jelas dan kolik akan sembuh dengan sendirinya, maka tidak ada pengobatan yang bisa dilakukan. Dokter anak biasanya akan merekomendasikan beberapa hal yang mungkin bisa menenangkan bayi.

Beberapa langkah untuk menenangkan bayi Anda saat terkena kolik meliputi:

Baca Juga: Anak Histeris Lihat Reka Ulang Pembunuhan Ayahnya: Kenapa Bunuh Bapakku!

  • Pastikan bayi tidak lapar
  • Jika Anda sedang menyusui, tanyakan kepada dokter Anda apakah obat yang Anda minum atau makanan yang Anda makan dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi pada anak
  • Ubah posisi tubuhnya, baik duduk atau berbaring. Pegang saat Anda berjalan-jalan. Goyangkan atau pijat punggungnya
  • Gunakan empeng
  • Bedong bayi Anda
  • Pegang mereka dengan kulit telanjang menempel pada kulit Anda
  • Bawa mereka untuk naik mobil
  • Letakkan di kursi berayun atau bergetar

Komentar