alexametrics

Penting bagi Kesehatan Seksual Pria, 6 Cara Meningkatkan Hormon Testosteron

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Penting bagi Kesehatan Seksual Pria, 6 Cara Meningkatkan Hormon Testosteron
Ilustrasi olahraga sambil mendengarkan musik. (Elements Envato)

Ada berbagai cara untuk meningkatkan hormon testosteron pada pria, apa saja?

Suara.com - Sekitar 40 persen pria berusia 45 tahun ke atas memiliki kadar hormon testosteron rendah. Kondisi ini bisa menimbulkan gejala seperti masalah suasana hati, energi, dorongan seks yang rendah, disfungsi ereksi, hingga infertilitas.

"Meningkatkan testosteron dapat meningkatkan suasana hati dan energi Anda, meningkatkan libido, dan membantu massa otot dan kepadatan tulang," kata Kevin Codorniz, MD, kepala endokrinologi untuk Loma Linda University Health kepada Insider.

Melansir dari Insider, berikut beberapa cara alami meningkatkan produksi hormon testosteron, antara lain:

1. Olahraga secara Teratur

Baca Juga: Tak Cuma Bening atau Putih, Kenali 10 Warna Air Mani dan Tanda Bahayanya

Berolahraga bermanfaat untuk meningkatkan kadar testosteron secara alami. Sebuah studi kecil tahun 2016 menunjukkan bahwa pada pria yang kelebihan berat badan, peningkatan aktivitas fisik melalui latihan senam aerobik efektif meningkatkan kadar hormon testosteron.

Selain itu, sebuah studi tahun 2012 menunjukkan bahwa pria yang aktif secara fisik memiliki tingkat testosteron yang lebih tinggi daripada pria yang tidak banyak bergerak.

2. Cukup Vitamin D

Ketika kadar vitamin D rendah, kadar testosteron juga sering kali rendah. Mary Samplaski, MD, ahli urologi dengan Keck Medicine of USC mengatakan bahwa vitamin D dapat bertindak sebagai blok bangunan untuk testosteron.

Vitamin D (Pixabay/stevepb)
Vitamin D (Pixabay/stevepb)

3. Konsumsi Lemak Sehat

Baca Juga: Tak Seajaib Namanya, Tisu Magic Malah Berefek Buruk pada Organ Intim Pria

Dalam sebuah studi kecil tahun 2013, peserta diberi minyak argan murni atau minyak zaitun murni. Setelah tiga minggu mengonsumsi lemak sehat ini, kadar testosteron meningkat secara signifikan pada kedua kelompok.

Komentar