alexametrics

Shandy Aulia Diprotes karena Ajak Anak Berenang, Amankah bagi Bayi?

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Shandy Aulia Diprotes karena Ajak Anak Berenang, Amankah bagi Bayi?
Shandy Aulia dan Baby Claire. (Instagram/@shandyaulia)

Shandy Aulia kembali diprotes lantaran ajak anak berenang.

Suara.com - Shandy Aulia kembali diprotes warganet lantaran mengajak putrinya Claire, yang belum berusia satu tahun, berenang.

Dalam unggahannya di Instagram, terlihat pemeran film Eiffel I'm In Love tersebut menggendong Claire sambil berenang di dalam air.

Tanpa bantuan alat pernapasan, Claire tampak riang saat berenang bersama ibundanya. Namun, aksi ini dianggap berbahaya oleh warganet.

"Nggak tega liat anak jadi pelampiasan kemauan emaknya yang harus gini-gitu. Kalo tu anak bisa ngomong, mungkin bilang 'mak aku nggak sanggup.' Btw, kurus banget Claire ya," tulis salah seorang warganet.

Baca Juga: Viral Ibu-ibu Komentari Wanita Pakai Bikini saat Berenang, Publik Berdebat

Shandy Aulia ajak anaknya berenang [Instagram]
Shandy Aulia ajak anaknya berenang [Instagram]

Berdasarkan Pregnancy Birth Baby Australia, sebenarnya bayi sudah bisa masuk ke air sejak mereka dilahirkan.

Namun, bayi belum bisa mengatur suhu tubuh seperti orang dewasa. Jadi, sangat penting untuk memastikan mereka tidak kedinginan.

Seorang bayi juga bisa terkena infeksi di dalam air. Oleh karenanya, tunggu hingga bayi berusia dua bulan sebelum diajak berenang. Umumnya, pelajaran renang pada bayi dimulai sekitar enam bulan.

Jika bayi kurang dari enam bulan, pastikan kolam dipanaskan sampai sekitar 32 derajat Celcius. Kolam renang umum yang besar akan terlalu dingin untuk bayi di bawah usia tersebut.

Selain itu, refleks muntah bawaan bayi umumnya paling kuat sebelum usia enam bulan. Artinya, mereka sudah bisa menahan napas di bawah air, menurut Baby Centre Inggris.

Baca Juga: Berenang di Tempat Wisata, Posisi Tangan Pengunjung Ini Bikin Salfok

Untuk mengajari bayi berenang, lakukan secara perlahan. Awalnya tidak lebih dari 10 menit, dan selajutnya waktu dapat ditingkatkan.

Hal terpenting adalah jangan biarkan bayi diam di dalam air lebih dari 30 menit dan keluarkan mereka jika mulai menggigil.

Komentar