alexametrics

Mungkinkah Strain Baru Virus Corona Jadi Covid-20? Ini Kata Ahli!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Mungkinkah Strain Baru Virus Corona Jadi Covid-20? Ini Kata Ahli!
Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)

Saat ini ditemukan strain baru virus corona Covid-19 yang telah menyebabkan peningkatan kasus dan dikhawatirkan menjadi Covid-20.

Suara.com - Kasus virus corona Covid-19 telah meningkat di seluruh dunia. Matt Hancock, sekretaris kesehatan Inggris baru-baru ini menyatakan epidemi lokal di luar kendali dengan tingkat infeksi lokal sekarang menyaingi puncaknya di bulan April 2020.

Menurut ilmuwan Pemerintah, dua jenis virus corona Covid-19 berbeda yang menyebabkan penyebaran telah ditemukan di Inggris dan Afrika Selatan.

Para ilmuwan telah mengidentifikasi jenis virus baru selama berabad-abad, tetapi cara mereka melakukannya telah berubah. Para peneliti telah menetapkan taksonomi virus, yang memecah penyakit menjadi famili, strain, dan isolat tertentu.

Misalnya Covid-19 adalah anggota keluarga virus corona yang meliputi penyakit lain seperti SARS, MERS, dan flu biasa.

Baca Juga: Virus Corona Covid-19 Bisa Timbulkan Masalah Menstruasi, Cek 3 Gejalanya!

Virus corona Covid-19 juga merupakan jenis virus RNA, tiga dari enam kelas virus berbeda yang bisa beruntai tunggal atau ganda. Covid-19 juga dikenal sebagai 2019-nCoV yang namanya baru diidentifikasi oleh para ilmuwan tahun 2019 lalu.

Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)
Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)

Kelompok Studi Coronaviridae dari Komite Internasional Taksonomi Virus menjelaskan bagaimana mereka mengklasifikasikan virus dalam sebuah makalah yang diterbitkan awal tahun ini.

Makalah yang berjudul "Spesies Virus Corona terkait sindrom pernafasan akut yang parah: mengklasifikasikan 2019-nCoV dan menamakannya SARS-CoV-2", kelompok multinasional tersebut menjelaskan alasan strain baru virus corona Covid-19 ini tidak menggunakan nama yang berbeda.

Merekan menjelaskan bahwa peneliti perlu menemukan fitur pembeda dari virus lain yang diidentifikasi untuk mendefinisikannya.

"Mendefinisikan kebaruan virus salah satu topik yang berkaitan dengan klasifikasi virus," kata para peneliti dikutip dari Express.

Baca Juga: Meski Enak, Mengupil Memudahkan Virus atau Kuman Masuk ke Tubuh, Lho!

Klasifikasi virus RNA perlu mempertimbangkan variabilitas genetik yang melekat, biasanya sering menghasilkan dua atau lebih virus dengan urutan genom yang tidak identik tetapi dianggap sebagai varian virus yang sama.

Komentar