alexametrics

Berbahaya untuk Kesehatan, Hindari 5 Makanan ini Saat Musim Dingin

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Berbahaya untuk Kesehatan, Hindari 5 Makanan ini Saat Musim Dingin
sayuran dan buah (Pixabay/congerdesign)

Beberapa makanan dan minuman bisa membahayakan atau tidak bermanfaat bila dikonsumsi saat musim dingin.

Suara.com - Semua buah dan sayuran memang baik untuk kesehatan tubuh. Apalagi seseorang mengonsumsi produk makanan segar dan berair ini sehari-hari.

Sayangnya, makanan tertentu tak sebaiknya dikonsumsi ketika musim dingin. Karena, makanan tertentu bisa berubah menjadi berbahaya jika dikonsumsi saat musim dingin.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, makanan yang seharusnya dihindari ketika musim dingin.

asparagus (Foto: shutterstock)
asparagus (Foto: shutterstock)

1. Asparagus

Baca Juga: Perlukah Menghindari Daging Merah untuk Mengurangi Risiko Penyakit Jantung?

Waktu terbaik untuk mengonsumsi asparagus adalah musim semi. Di musim dingin, asparagus akan dikirim jarak jauh dari Peru atau Cina. Selama proses itu, rasa dan tekstur asparagus akan memudar serta vitaminnya memudar. Banyak elemen yang bermanfaat akan hilang selama waktu pengiriman sehingga kurang bergizi.

2. Sayuran kemasan

Sayuran kemasan memang sudah dicuci dan dipotong-potong agar mudah dan cepat dikonsumsi. Tapi, pengemasan bisa merusak serat sayuran dan menyebabkan hilangnya vitamin. Pada akhirnya, kita akan mendapatkan produk yang hanya terlihat bagus tapi tidak sehat.

3. Stroberi dan blueberry

Musim panas adalah waktu terbaik untuk menanam beri. Stroberi kaya akan vitamin C yang memperkuat kolagen dan blueberry dapat membantu mencegah kanker kulit serta meningkatkan aktivitas otak. Tetapi, buah-buahan ini tak seharusnya dikonsumsi ketika musim dingin.

Baca Juga: Vaksin Valneva, Seberapa Efektif Lawan Virus Corona Covid-19?

Daging merah, daging mentah. (Shutterstock)
Daging merah, daging mentah. (Shutterstock)

4. Daging merah

Daging merah adalah sumber protein yang sangat penting untuk memperkuat otot dan metabolisme. Namun, sering mengonsumsinya dapat menyebabkan konsentrasi lendir di tenggorokan Anda. Anda juga lebih baik menghindari konsumsi daging merah saat musim dingin.

5. Produk susu

Beberapa produk susu harus dikonsumsi sangat hati-hati selama musim dingin, salah satunya yogurt. Yogurt bisa meningkatkan sekresi lendir dari kelenjar dan bisa memengaruhi keadaan tubuh secara keseluruhan. Orang yang batuk, pilek atau menderita asma bisa memperburuk kondisinya jika mengonsumsinya.

Komentar