alexametrics

8 Makanan untuk Kurangi Gejala Sariawan: Kunyit Hingga Jus Lemon

M. Reza Sulaiman
8 Makanan untuk Kurangi Gejala Sariawan: Kunyit Hingga Jus Lemon
Ilustrasi sariawan (Dok. Elements Envato)

Sariawan terjadi karena berkembangnya jamur di mulut sehingga menimbulkan rasa sakit. Simak cara untuk mengobati sariawan berikut ini.

Suara.com - Sariawan adalah salah satu penyakit yang paling menganggu. Seseorang yang mengalami sariawan akan mengalami kesulitan saat makan.

Sariawan terjadi karena berkembangnya jamur di mulut sehingga menimbulkan rasa sakit. Oleh karena itu, seseorang yang mengalami sariawan biasanya akan mencari cara untuk mengobatinya.

Beberapa cara untuk mengobati sariawan rupanya dapat dilakukan di rumah. Dilansir dari healthline, berikut cara untuk mengobati sariawan, di antaranya:

1. Air garam

Baca Juga: Cara Lain Mengatasi Sariawan dalam Hitungan Hari: Minum Air Kelapa

Garam mengandung antiseptik, pembersih, dan menenangkan bagi mulut. Hal ini sangat baik untuk mengobati sariawan karena bakteri akan dibersihkan. Cara menggunakan air garam sebagai obat sariawan yaitu:

  • Larutkan 1/2 sendok teh garam dalam 1 cangkir air hangat.
  • Kumur larutan ke seluruh mulut.
  • Keluarkan larutan garam.

2. Soda kue

Soda kue mengandung natrium bikarbonat yang dapat mengobati sariawan. Dalam sebuah studi pada 2009, para peneliti melihat keefektifan natrium bikarbonat sebagai desinfektan Candida albicans yang melekat pada resin akrilik.

Hal ini dapat dikatakan jika soda kue dapat bermanfaat untuk mengobati sariawan. Cara menggunakannnya yaitu melakukan kumur-kumur dengan soda kue.

3. Yogurt

Baca Juga: INFOGRAFIS: Beda Sariawan Biasa dengan Gejala Covid-19

Yogurt rupanya juga bermanfaat untuk mengobati sariawan. Hal ini karena yogurt mengandung probiotik kultur bakteri baik yang dapat mengobati sariawan.

Komentar