alexametrics

Gigi Goyang dan Copot di Usia Dewasa, Ketahui 5 Penyebabnya

M. Reza Sulaiman
Gigi Goyang dan Copot di Usia Dewasa, Ketahui 5 Penyebabnya
Ilustrasi gigi ompong. [Shutterstock]

Jangan salah, gigi copot juga dialami kepada seseorang yang sudah dewasa loh. Lalu apa penyebab gigi yang copot pada orang dewasa?

Suara.com - Saat masih anak-anak mungkin akan terlihat biasa di masa gigi akan goyang dan akhirnya copot. Gigi yang copot pada anak-anak terjadi sebagai tanda pertumbuhan.

Namun jangan salah, gigi copot juga dialami kepada seseorang yang sudah dewasa loh. Copotnya gigi ini biasa disebabkan faktor usia. Oleh karena itu, biasanaya seseorang memakai gigi palsu ketika tua.

Lalu apa penyebab gigi yang copot pada orang dewasa? Dilansir Nsoms.com, beberapa penyebab seseorang kehilangan gigi saat sudah dewasa antara lain:

1. Kebiasaan makan yang buruk

Baca Juga: Jangan Lupa Membersihkan Lidah secara Teratur, Begini Caranya

Kebiasaan makan yang buruk, dapat menyebabkan kerusakan gigi yang parah sehingga menyebabkan kehilangan gigi. Hal ini karena sesuatu yang dikonsumsi akan berpengaruh kepada mulut seseorang.

Makanan juga mengandung kadar gula yang tinggi sehingga sangat berpengaruh terhadap gigi.

Makanan juga akan menciptakan bakteri di mulut dan akan menciptakan asam yang peralahan akan merusak enamel gigi. Rongga ini dapat berkembang melewati enamel gigi dan masuk ke lapisan gigi yang lebih dalam, menyebabkan rasa sakit yang signifikan dan menyebabkan gigi menjadi lepas.

Di samping itu, makanan dan minuman yang mengandung gula dan asam yang tinggi dapar menyebabkan gigi berlubang. Oleh karena itu, pola makan harus diperhatikan agar menjaga gigi tetap sehar.

2. Kebersihan mulut yang buruk

Baca Juga: Masalah Kesehatan yang Mengintai Jika Jarang Sikat Gigi

Selain makanan, salah satu faktor yang yang menyebabkan seseorang kehilangan gigi yaitu peradangan pada gusi atau disebut penyakit periodonta.

Komentar