alexametrics

Belajar dari Nia Ramadhani, Ini Lho Bahaya Kekurangan Zat Besi!

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Belajar dari Nia Ramadhani, Ini Lho Bahaya Kekurangan Zat Besi!
Nia Ramadhani kekurangan zat besi (Youtube/Trans TV Official)

Kekurangan zat besi seperti Nia Ramadhani bisa memicu komplikasi serius.

Suara.com - Nia Ramadhani sempat didiagnosis kekurangan iron atau zat besi ketika kontrol kesehatannya di Amerika. Saat itu, dokter mengatakan bahwa kurangnya zat besi dalam tubuh Nia Ramadhani telah memengaruhi kesehatan tubuhnya.

"Jadi, kemarin pas di Amerika itu dia sempat kontrol, check up. Nah, dokter di Amerika ini sudah bilang kalau iron dia ini bermasalah. Iron dia itu benar-benar jauh di bawah standar dan saturasinya jelek banget," ujar Theresa Wienathan, asisten pribadi Nia Ramadhani dalam tayangan Youtube Nyonya Bos Trans TV, kemarin Senin (1/3/2021).

Theresa mengatakan kurangnya zat besi ini membuat Nia Ramadhani mudah lelah, berpikirnya yang lambat hingga penglihatannya kabur.

"Jadi, selama ini dia pikir itu silinder, mungkin ada juga silinder. Tapi, ternyata si iron ini mempunyai dampak yang sangat besar dalam penglihatan," jelasnya.

Baca Juga: Mutasi Baru Virus Corona B117 Ditemukan di Indonesia, Tantangan Makin Berat

Zat besi adalah nutrisi penting dalam tubuh untuk menghasilkan sel darah merah yang sehat. Sayangnya, dilansir dari Hellosehat, tubuh tidak bisa menghasilkan zat besi secara alami kalau tidak dari makanan atau suplemen.

Nia Ramadhani [Instagram]
Nia Ramadhani [Instagram]

Kekurangan zat besi pun bisa menyebabkan sejumlah komplikasi serius jika tak ditangani dengan baik, antara lain:

1. Masalah jantung

Kekurangan zat besi bisa menyebabkan jantung berdetak lebih cepat. Jantung harus memompa lebih banyak darah untuk mengimbangi kekurangan oksigen dalam darah.

Akibatnya, kondisi ini bisa menyebabkan pembesaran jantung atau gagal jantung. Karena itu, kekurangan zat besi akan memicu masalah jantung.

Baca Juga: Jadi Ancaman Vaksinasi, Filipina Catat 6 Kasus Virus Corona Afrika Selatan

2. Masalah kehamilan

Ibu hamil juga rentan mengalami kekurangan zat besi. Jika tak ditangani baik, kekurangan zat besi selama kehamilan akan meningkatkan risiko kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat badan rendah.

3. Masalah pertumbuhan

Bayi dan anak-anak yang kekurangan zat besi bisa mengalami masalah proses pertumbuhan. Selain itu, kekurangan zat besi juga menyebabkan anak-anak jadi rentan terkena infeksi.

Komentar