alexametrics

Studi Sebut Masker 3 Lapis Efektif Cegah Tetesan Besar dan Kecil

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fita Nofiana
Studi Sebut Masker 3 Lapis Efektif Cegah Tetesan Besar dan Kecil
ilustrasi masker (stocksnap.io)

Masker tiga lapis kini direkomendasikan oleh para ahli.

Suara.com - Jika Anda membeli masker untuk melindungi diri dari Covid-19, pilihlah yang terdiri dari tiga lapis. Para peneliti kini telah mengimbau kembali agar masyarakat menggunakan masker tiga lapis.

Melansir dari Medical Xpress, saran ini awalnya didasarkan pada penelitian yang menunjukkan bahwa tiga lapisan mencegah partikel kecil melewati pori-pori masker.  Para peneliti kini telah menunjukkan bahwa masker bedah tiga lapis juga paling efektif dalam menghentikan tetesan besar dari batuk atau bersin agar tidak teratomisasi menjadi lebih kecil.

Tetesan batuk besar ini dapat menembus melalui masker lapisan tunggal atau ganda dan menyatu menjadi tetesan yang jauh lebih kecil. Penelitian ini telah diterbitkan pada jurnal Science Advances tanggal 5 Maret.

Ilustrasi Masker (Pexels/Anna)
Ilustrasi Masker (Pexels/Anna)

Tim mencatat bahwa masker satu dan dua lapis memang memberikan perlindungan dalam memblokir beberapa volume cairan tetesan asli dan secara signifikan lebih baik daripada tidak memakai masker sama sekali. 

Baca Juga: Ribuan Vaksin Corona Palsu Asal China dan Afrika Disita, Campuran Garam-Air

Secara rinci, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masker bedah satu lapis hanya membatasi sekitar 30 persen volume tetesan, masker dua lapis bekerja lebih baik membatasi sekitar 91 persen volume tetesan, sementara masker tiga lapis memiliki pengeluaran tetesan hampir nol atau membatasi tetesan hingga 100 persen. 

Dengan penelitian ini, para peneliti berharap bisa memformulasikan ukuran pori masker yang ideal, ketebalan bahan, dan pelapisan ideal untuk digunakan oleh produsen agar menghasilkan desain masker yang efektif.

Komentar