alexametrics

Mencukur Memang Bikin Kulit Ketiak Gelap, Begini Cara Mengatasinya!

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Mencukur Memang Bikin Kulit Ketiak Gelap, Begini Cara Mengatasinya!
Ilustrasi ketiak. (Shutterstock)

Selain mencukur, ada dua penyebab lain dari kulit ketiak yang menggelap.

Suara.com - Kulit ketiak gelap memang dapat mengganggu penampilan, terlebih ketika memakai baju tanpa lengan. Namun, ini adalah kondisi yang umum terjadi.

Kulit ketiak gelap dapat terjadi jika Anda selalu mencukur bulunya setiap hari. Ini merupakan bentuk dari kulit yang teriritasi.

Mencukur dengan silet atau menggunakan deodoran yang mengandung alkohol atau pewangi juga bisa sangat mengiritasi kulit ketiak Anda.

Selain itu, dilansir laman Gainesville Aezthetics, perubahan hormonal yang berhubungan dengan kehamilan dan penyakit Addison juga dapat meningkatkan produksi melanin sehingga kulit ketiak menjadi lebih gelap.

Baca Juga: Perkara Kulit Ayam, Pria Ini Buat Kesal Kekasih Sekaligus Warganet

Penyebab lainnya, bisa jadi itu adalah tanda awal diabetes atau resistensi insulin. Sebab, terlalu banyak insulin dapat merangsang sel kulit secara berlebihan.

Kentang bisa digunakan untuk menghilangkan ketiak hitam. (Shutterstock)
ketiak gelap. (Shutterstock)

Hal itu menyebabkan penebalan dan penggelapan kulit di area tertentu, termasuk di bawah ketiak.

Dalam kasus parah, kulit bisa menebal seperti beludru. Ahli kulit menyebut kondisi ini sebagai acanthosis nigricans, dan mereka paling sering melihatnya pada orang keturunan Afrika.

Lalu, apa yang dapat dilakukan untuk mengatasinya?

Untuk mengatasi ketiak gelap akibat mencukur, Anda dapat melakukan penghilang bulu dengan laser dibanding waxing atau mencabutnya.

Baca Juga: Kulit Wajah Pria Rusak Gegara Krim, Tak Kunjung Pulih sampai Mau Bunuh Diri

Jangan lupa untuk memilih deodoran atau antiperspiran yang tidak mengandung bahan seperti alkohol pewangi, atau aluminium klorida.

Bahan-bahan ini bisa menyebabkan iritasi, yang bisa menyebabkan perubahan warna. Anda juga dapat menggunakan pelembab atau mengoleskan krim topikal.

Komentar