facebook

Bolehkah Probiotik Dikonsumsi Setiap Hari? Ini Kata Ahli Gizi

Bimo Aria Fundrika | Dini Afrianti Efendi
Bolehkah Probiotik Dikonsumsi Setiap Hari? Ini Kata Ahli Gizi
Ilustrasi mengonsumsi yogurt, salah satu makanan yang mengandung probiotik. (Sumber: Shutterstock)

Berapa banyak probiotik yang harus dikonsumsi dalam sehari?

Suara.com - Probiotik atau yang dikenal sebagai bakteri baik yang memang dianjurkan dikonsumsi untuk kesehatan sistem pencernaan manusia. Tapi berapa banyak probiotik yang harus dikonsumsi dalam sehari?

Ahli Gizi Universitas Sahid Jakarta, Khoirul Anwar, S.Gz, M.Si mengatakan mengonsumsi probiotik cukup sehari sekali, dan tidak perlu berlebihan.

"Kalau biasa konsumsi produk probiotik tertentu dari beberapa referensi yang dikumpulkan kita bisa konsumsi sehari sekali. Tapi kalau mau dikonsumsi setiap hari nggak apa-apa," jelas Khoirul dalam Webinar Tips Rehat Malam, Sabtu (3/4/2021).

Namun alih-alih mengandalkan produk tertentu, Khoirul tetap menyarankan untuk mengonsumsi aneka makanan seimbang dari mulai karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral. Sehingga tidak hanya mengandalkan produk probiotik seperti susu saja.

Baca Juga: Ingin Terhindar Obesitas, Ahli Gizi Ungkap Rahasianya

Ilustrasi Yogurt (shuttestock)
Ilustrasi Yogurt (shuttestock)

"Karena memang banyak sekali sumber yang bisa kita eproleh untuk mendapatkan itu. Kalau bicara bakteri, ibaratkan jumlah makanan selama mengonsumsi makanan yang beragam tidak tinggi lemak, gula dan garam itu cukup," jelas Khoirul.

Mengutip Hello Sehat, Ketua Departemen Anak dari University of Brussels Academic Hospital, Belgia,  Prof. dr. Yvan Vandenplas, Ph.D. Prof. dr. Yvan Vandenplas, Ph.D. probiotik bukan cuma menyehatkan saluran pencernaan anak.“Probiotik yang diberikan secara teratur mampu mencegah serangan bakteri, memperkuat sistem imun tubuh, serta menunjang perkembangan tubuh anak,” papar Prof. dr. Yvan.

Komentar