alexametrics

Di Inggris, Angka Kematian Kanker Belasan Kali Lebih Tinggi Daripada Corona

Risna Halidi
Di Inggris, Angka Kematian Kanker Belasan Kali Lebih Tinggi Daripada Corona
Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)

Di Inggris, saat ini 12 kali lebih banyak orang meninggal dunia karena kanker dibanding infeksi Covid-19.

Suara.com - Di Inggris, saat ini 12 kali lebih banyak orang meninggal dunia karena kanker dibanding infeksi Covid-19.

Angka menunjukkan rerata ada 36 orang meninggal dunia setiap hari akibat infeksi virus corona jenis baru tersebut selama seminggu terakhir, atau turun dari rata-rata 1.280 angka kematian per tujuh hari sejak pertengahan Januari 2021 lalu.

Sebagai perbandingan, sebanyak 450 nyawa meninggal dunia setiap hari akibat kanker di Inggris, atau sekitar 166 ribu jiwa per tahunnya.

Atas data mencengangkan tersebut, badan kesehatan Inggris NHS diminta segera memperluas layanan kanker. Saat ini, kematian pasien kanker yang tinggi dianggap sebagai 'korban tambahan' yang terjadi akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Mau Puasa Ramadhan 1442 H, Jumlah Kasus Covid-19 DKI Tembus 393.290 Orang

Profesor Karol Sikora dari Pusat Kanker Rutherford, mengatakan: "Setiap hari, 1.000 orang di Inggris akan diberitahu bahwa mereka mengidap kanker untuk pertama kalinya. Tetapi ketika Covid-19 mencapai puncaknya, ini turun drastis. Kemana perginya pasien yang hilang? Mereka ada, dan diagnosis mereka tertunda secara signifikan. Sekarang banyak yang akan mati."

Sebelum gelombang kedua melanda, Cancer Research UK memperkirakan Covid menyebabkan 35.000 kematian akibat kanker pada musim panas lalu.

"Orang tidak boleh dihalangi untuk datang memeriksakan diri atau mendapat perawatan. Sebagian besar layanan kanker beroperasi pada tingkat pra-pandemi," tulis NHS seperti yang dikutip Suara.com dari Daily Mail, Selasa (13/4/2021).

Komentar