alexametrics

Biar Kuat Puasa, Ini Makanan yang Harus dimakan Saat Buka dan Sahur

Bimo Aria Fundrika | Dian Kusumo Hapsari
Biar Kuat Puasa, Ini Makanan yang Harus dimakan Saat Buka dan Sahur
Resep Berry Yogurt Smoothie Bowl. (Dok Greenfields)

Oleh sebab itu penting untuk memperhatikan apa yang harus dimakan selama jam-jam antara buka puasa (buka puasa) dan makan sahur (lebih awal). makan pagi).

Suara.com - Umat muslim di seluruh dunia saat ini tengah merayakan bulan suci Ramadhan. Tahun ini merupakan Ramadhan kedua masyarakat harus merayakannya di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda diseluruh negara di dunia termasuk Indonesia.

Mungkin sulit untuk mempertahankan tingkat energi dan hidrasi yang sama ketika tidak makan dan minum sepanjang hari. Oleh sebab itu penting untuk memperhatikan apa yang harus dimakan selama jam-jam antara buka puasa (buka puasa) dan makan sahur (lebih awal). makan pagi).

Lalu apa saja yang seharusnya dikonsumsi? Huda Amareh, ahli diet yang berbasis di Ottawa, mencoba menjelaskan.

Ilustrasi buka puasa. [Dok.Pixabay.com]
Ilustrasi buka puasa. [Dok.Pixabay.com]

“Ini semua tentang mendorong orang untuk mengetahui bahwa pada akhirnya, makanan bukanlah musuh Anda. Makanan adalah sesuatu yang membuat Anda bahagia dan merupakan bagian besar dari hidup Anda. Pasti ada cara untuk makan apa yang ingin Anda makan hanya dengan memiliki rasa keseimbangan, ”katanya dilansir melalui Chatelaine.

Baca Juga: Alasan Pemprov DKI Izinkan Restoran Beroperasi hingga Malam

Amareh mengungkapkan jenis makanan apa yang harus Anda fokuskan untuk sahur dan buka puasa agar tetap kenyang dan sehat tanpa mengurangi rasa. Lalu apa yang harus dimakan saat sahur?

Banyak orang memilih untuk tidak bangun untuk makan pagi demi waktu tidur yang berharga, tapi hal itu akan merugikan dalam jangka waktu lama.

Ada alasan mengapa tradisi Islam menyerukan kita untuk sahur. Selain itu, ada alasan ilmiah juga dibaliknya.

"Itu karena jika Anda memiliki sesuatu untuk dimakan, terutama sesuatu yang mengandung protein di dalamnya, karbohidrat kompleks [dan serat], Anda akan merasa kenyang lebih lama. ”

Air minum juga sangat penting. Amareh menyarankan agar orang-orang mencoba meminum delapan hingga sembilan cangkir air per hari, dengan waktu yang berbeda-beda — dua cangkir saat sahur, dua cangkir saat buka puasa, dan empat cangkir sisanya sepanjang malam.

Baca Juga: Kali Kedua Ramadhan saat Pandemi, Walkot Edi Sebut Momen Uji Kesabaran

Sedangkan untuk hidangan tertentu, katanya ketika dia masih pelajar dan memiliki sedikit waktu, sahurnya akan menyertakan telur dadar dengan banyak sayuran, roti gandum dan air. Hari-hari ini dia lebih memilih yogurt Yunani (yang memiliki lebih banyak protein daripada yogurt biasa) dengan granola dan buah.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Komentar