alexametrics

Sayur hingga Telur, Simak 8 Makanan yang Ampuh Mempercepat Penyembuhan Luka

Arendya Nariswari | Fita Nofiana
Sayur hingga Telur, Simak 8 Makanan yang Ampuh Mempercepat Penyembuhan Luka
Ilustrasi luka. (Shutterstock)

Berikut beberapa asupan yang bisa membantu mempercepat penyembuhan luka, apa saja?

Suara.com - Banyak makanan seperti sayuran, buah-buahan, sumber kaya protein, dan lemak sehat membantu percepat penyembuhan luka. Hal ini disebabkan karena makanan-makanan ini bisa mengurangi peradangan, meningkatkan produksi sel darah putih, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menyediakan bahan bakar penting bagi tubuh Anda untuk pulih.

Melansir dari Healthshots, berikut beberapa makanan yang ampuh mempercepat penyembuhan luka, antara lain:

1. Kunyit

Kunyit memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang membantu penyembuhan luka lebih cepat. Ini juga membantu meredakan rasa sakit akibat luka. Anda dapat meminumnya dengan susu atau bahkan mengoleskannya pada luka Anda untuk hasil yang lebih baik.

2. Susu

Susu kaya akan kalsium sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

3. Kacang

Almond, walnut, biji rami, pecan, dan biji bunga matahari membantu penyembuhan luka lebih cepat. Kacang-kacangan dan biji-bijian menyediakan protein nabati, vitamin, mineral, dan lemak sehat yang mendukung penyembuhan. 

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga kaya akan zinc, mangan, magnesium dan vitamin E. Asupan ini bertindak sebagai antioksidan dan memberikan perlindungan terhadap kerusakan sel dalam tubuh.

4. Kaldu ayam

Menurut ahli gizi selebriti, Manisha Chopra, kaldu ayam kaya akan beberapa mineral seperti magnesium, kalsium, fosfor, dan lain sebagainya. Kaldu juga kaya akan kolagen yang sangat baik untuk kesehatan sendi. 

5. Berry

Buah berry dipenuhi dengan nutrisi dan senyawa yang membantu tubuh menyembuhkan luka lebih cepat dari biasanya. Berry kaya akan vitamin C yang membantu penyembuhan luka dengan merangsang produksi kolagen.

6. Sayuran

Sayuran menyediakan berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk menyembuhkan tubuh. Sayuran juga mengandung karbohidrat yang memberi energi dan mencegah masalah otot.

Sayuran kaya akan vitamin A, vitamin C dan serat yang membantu mencegah sembelit di mana bisa memberikan efek samping umum dari obat nyeri dan mengurangi mobilitas. 

Ilustrasi Makan Sayur. (Shutterstock)
Ilustrasi Makan Sayur. (Shutterstock)


7. Lemak sehat

Lemak sehat sangat penting untuk tubuh Anda karena memberikan energi serta vitamin E yang membantu mengurangi munculnya bekas luka di tubuh Anda. Lemak ini juga memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan terkena infeksi. 

8. Telur

Telur tinggi protein, vitamin A, E, B kompleks, asam folat, kalsium, riboflavin, zat besi dan zinc. Satu telur yang bisa memberi Anda banyak nutrisi untuk tahap pemulihan.

Komentar