alexametrics

Wan Abud Meninggal Positif Covid-19, Kenapa Penyakit Ini Bahaya bagi Lansia?

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Wan Abud Meninggal Positif Covid-19, Kenapa Penyakit Ini Bahaya bagi Lansia?
komedian Wan Abud (MNC Channel)

Wan Abud terkonfirmasi meninggal dunia karena virus corona Covid-19.

Suara.com - Komedian Fuad Alkhar atau Wan Abud meninggal dunia karena terinfeksi virus corona Covid-19 di usia 63 tahun pada Jumat (18/6/2021) dini hari. Jenazah Wan Abud pun dimakamkan di Pemakaman Covid Pergi, Sawangan, Depok.

Di samping itu, Istri Wan Abud, Mimin sedang melakukan isolasi mandiri. Tapi, Mimin dan pihak keluarga lain sudah mengetahui kabar bahwa Wan Abud meninggal dunia.

"Meninggal jam 12 malam," ucap Mimin di kediamannya.

Seperti yang kita tahu, lansia memang salah satu kelompok berisiko terinfeksi virus corona Covid-19 dan mengalami kondisi parah. Karena dilansir dari Alodokter, tubuh akan mengalami banyak perubahan seiring bertambahnya usia, termasuk sistem imun dan fungsi-fungsi organ tubuh.

Baca Juga: Anjuran Pakai Masker Dua Lapis, Benarkah Bisa Mencegah Infeksi Varian Baru Virus Corona?

Padahal sistem imun bertugas sebagai pelindung tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Karena itulah, orang lanjut usia (lansia) termasuk kelompok yang rentan terinfeksi virus corona Covid-19.

komedian Wan Abud (MNC Channel)
komedian Wan Abud (MNC Channel)

Selain itu, banyak pula lansia yang menderita penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, asma atau kanker. Semua penyakit penyerta itu akan semakin meningkatkan risikonya terinfeksi parah akibat virus corona Covid-19.

Bahkan, mereka juga berisiko tinggi meninggal akibat Covid-19 karena penyakit penyerta tersebut. Sebab, virus corona ini tidak hanya menyebabkan gangguan pada saluran napas maupun paru-paru, tetapi juga menurunkan beberapa fungsi organ tubuh sehingga bisa menyebabkan kematian.

Pada penderita gagal jantung, virus corona Covid-19 bisa membuat jantungnya harus bekerja lebih keras mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Hal ini pastinya bisa memperburuk kondisi jantungnya.

Pada penderita kanker yang sudah jelas memiliki sistem kekebalan lemah, virus corona bisa akan lebih mudah berkembang dan menyebabkan gangguan pada berbagai organ tubuh. Karena itu, lebih baik lindungi lansia dari ancaman virus corona Covid-19.

Baca Juga: Waspadai Virus Corona Varian Delta Makin Meluas di Indonesia, Kemenkes Lakukan Upaya Ini

Komentar