alexametrics

Pola Makan Vegan Bisa Bikin Lelah, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Pola Makan Vegan Bisa Bikin Lelah, Bagaimana Cara Mengatasinya?
Komunitas vegan tidak makan daging. (Shutterstock)

Pola makan vegan disebut bisa bikin lelah, berikut cara mengatasinya.

Suara.com - Ada banyak ungkapan bahwa Anda bisa cepat lelah jika hanya makan makanan vegan. Padahal intinya bukan pada makan vegannya tapi karena kurangnya protein karena hanya makan makanan berbasis nabati. 

Melansir dari Bustle, ulasan tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Advances in Nutrition menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih sedikit protein sering kali memiliki tidur yang lebih gelisah. Hal ini disebabkan karena mereka lebih cenderung lelah daripada orang yang mendapatkan cukup protein.

"Kita membutuhkan jumlah energi dasar hanya untuk hidup," ujar Alyssa Pike, ahli diet terdaftar dan manajer komunikasi nutrisi di International Food Information Council (IFIC).

Orang sering menjadi vegan karena mereka ingin mendapatkan lebih banyak nutrisi dari sayuran hijau atau kacang-kacangan, tetapi Anda mungkin juga merasa ingin pingsan setelah makan vegan karena Anda tidak mendapatkan cukup zat gizi mikro vitamin dan mineral AKA.

Baca Juga: Abuba Steak Luncurkan Steak Vegan, Rasanya Gimana?

Ada beberapa mikronutrien yang kemungkinan kecil didapat oleh makanan vegan seperti asam lemak omega-3, zat besi, kalsium, dan B12.

Anak vegan. (Pixabay)
Anak vegan. (Pixabay)

"Ketika Anda tidak mendapatkan cukup mikronutrien ini, tubuh Anda memiliki waktu yang lebih sulit untuk berfungsi pada efisiensi puncak yang membuat Anda ingin meringkuk dan tidur siang," imbuh Pike. 

Pike mengatakan bahwa untuk menghindari kantuk setelah makan vegan, maka Anda perlu menambahkan protein vegan yang padat, seperti tahu, kacang-kacangan, tempe, lentil, gandum, quinoa, kacang hijau, dan biji-bijian.

Komentar