Studi: Konsumsi Asupan Omega-3 Bisa Cegah Kanker Ibu dan Keturunannya

Yasinta Rahmawati, Fita Nofiana

Rabu, 07 Juli 2021 | 08:01 WIB
Studi: Konsumsi Asupan Omega-3 Bisa Cegah Kanker Ibu dan Keturunannya

Suara.com - Sebuah tim peneliti internasional menemukan bahwa pola makan ibu yang kaya akan asam lemak Omega-3 dapat melindungi dari perkembangan kanker payudara pada keturunannya. Temuan ini telah diterbitkan pada jurnal Frontiers in Cell and Developmental Biology.

Melansir dari Healthshots, para peneliti mencatat perbedaan yang signifikan pada tikus dari ibu yang diberi pola makan kaya minyak canola, dibandingkan dengan ibu yang diberi pola makan kaya minyak jagung.

Pola makan ibu yang kaya Omega-3 mempengaruhi perubahan lanskap epigenetik genom pada keturunan dan pola ekspresi gen yang berpotensi termodulasi.

Para peneliti melihat penundaan tiga minggu dalam kematian pada tikus yang ibunya diberi makan minyak canola versus minyak jagung. Penundaan awal kematian berbeda secara signifikan, tetapi tingkat kelangsungan hidup keseluruhan akhir tidak.

Akhirnya, semua tikus mengembangkan tumor, tetapi tikus yang diberi minyak canola memiliki tumor yang tumbuh lebih lambat dan lebih kecil daripada tikus yang diberi minyak jagung. Diterjemahkan ke skala waktu manusia, durasi efek perlindungan yang terkait dengan diet ibu akan setara dengan beberapa bulan.

Studi ini adalah salah satu bagian dari pekerjaan yang dilakukan oleh para ilmuwan Universitas Marshall dan lainnya yang melihat hubungan antara asam lemak Omega-3 dan pengurangan insiden berbagai jenis kanker termasuk, tetapi tidak terbatas pada, Leukemia Limfositik Kronis dan Limfoma Sel B Besar Diffuse.

Baik ibu dan bayi dapat tetap sehat dengan pola makan kaya omega-3.

"Isu pola makan orang tua dan penularan antar generasi telah menjadi bidang penelitian yang penting; namun, cara kerjanya sering kali sebagian masih sulit dipahami," ujar Dr Philippe Georgel, seorang profesor di Departemen Ilmu Biologi di Marshall dan pemimpin penelitian.

"Hasil ini memiliki potensi untuk mempromosikan desain perubahan sederhana dalam pola makan yang memungkinkan untuk mengurangi timbulnya berbagai jenis kanker, tidak hanya untuk individu yang menggunakan diet itu tetapi juga untuk keturunan mereka," simpul Georgel.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA: 30 Soal Matematika SMP 2026, Lengkap Kunci Jawaban dan Pembahasan
Ikuti Kuisnya ➔
15 Soal Simulasi TWK Paskibraka 2026
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi: 25 Soal UTBK SNBT 2026 dan Kunci Jawabannya
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kepribadian Kamu Mirip Kue Lebaran Apa, Sih?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Love Language 2026: Kenali Bahasa Cintamu agar Hubungan Makin Klik dan Minim Drama!
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: THR Kamu Cocok Buat Beli HP Apa? Cek Rekomendasinya
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Paparan Sinar Matahari yang Sehat Turunkan Risiko Kanker Usus Besar

Paparan Sinar Matahari yang Sehat Turunkan Risiko Kanker Usus Besar

Health | Selasa, 06 Juli 2021 | 06:05 WIB

Tasya Kamila Ungkap Kondisi Suami Pasca Jalani Pengobatan Kanker

Tasya Kamila Ungkap Kondisi Suami Pasca Jalani Pengobatan Kanker

Entertainment | Minggu, 04 Juli 2021 | 15:52 WIB

Penelitian: Tingkatkan Asupan Minyak Ikan Bisa Turunkan Keparahan Migrain

Penelitian: Tingkatkan Asupan Minyak Ikan Bisa Turunkan Keparahan Migrain

Health | Jum'at, 02 Juli 2021 | 14:37 WIB

Terkini

Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut

Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut

Health | Rabu, 10 Juni 2026 | 17:20 WIB

Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?

Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?

Health | Selasa, 09 Juni 2026 | 16:57 WIB

Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?

Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?

Health | Selasa, 09 Juni 2026 | 14:09 WIB

Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai

Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai

Health | Selasa, 09 Juni 2026 | 11:10 WIB

Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional

Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional

Health | Selasa, 09 Juni 2026 | 08:05 WIB

Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus

Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus

Health | Senin, 08 Juni 2026 | 16:48 WIB

Mikroplastik Ada di Makanan, Minuman, hingga Udara: Seberapa Besar Risikonya bagi Kesehatan?

Mikroplastik Ada di Makanan, Minuman, hingga Udara: Seberapa Besar Risikonya bagi Kesehatan?

Health | Senin, 08 Juni 2026 | 14:30 WIB

Memilih Susu Anak Tak Cukup Lihat Kandungan DHA, Orang Tua Perlu Cermati Komposisi Utamanya

Memilih Susu Anak Tak Cukup Lihat Kandungan DHA, Orang Tua Perlu Cermati Komposisi Utamanya

Health | Senin, 08 Juni 2026 | 11:00 WIB

Pencernaan Sehat Jadi Kunci Anak Aktif, Lahap Makan, dan Tidur Nyenyak

Pencernaan Sehat Jadi Kunci Anak Aktif, Lahap Makan, dan Tidur Nyenyak

Health | Sabtu, 06 Juni 2026 | 12:12 WIB

Stop Anggap Lemak Itu Jahat! Ini Alasan Mengapa Anak Justru Wajib Mengonsumsinya

Stop Anggap Lemak Itu Jahat! Ini Alasan Mengapa Anak Justru Wajib Mengonsumsinya

Health | Sabtu, 06 Juni 2026 | 10:23 WIB