alexametrics

Syarat, Dosis, serta Tempat Vaksinasi Covid-19 Anak dan Remaja

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
Syarat, Dosis, serta Tempat Vaksinasi Covid-19 Anak dan Remaja
Puluhan anak berusia 12 tahun ke atas di Pekanbaru mengikuti vaksinasi Covid-19 massal yang digelar Kejati Riau, Kamis (8/7/2021). [Foto Riauonline]

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan syarat pendaftaran vaksinasi bagi anak dan remaja berbeda dengan orang dewasa.

Suara.com - Kartu tanda penduduk (KTP) menjadi syarat utama orang dewasa untuk bisa mendapatkan vaksin Covid-19. Lalu, bagaimana dengan anak dan remaja?

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan, syarat pendaftaran vaksinasi bagi anak dan remaja adalah terdaftar dalam kartu keluarga (KK).

Untuk itu, membawa KK jadi syarat utama bagi anak dan remaja untuk bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19 di fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, posyandu, klinik atau sentra vaksinasi selain sekolah.

"Kita tahu bawa anak-anak di bawah 17 tahun ini belum punya KTP, jadi mereka harus punya atau membawa kartu keluarga, pada saat divaksinasi," ujar Siti Nadia Tarmizi saat berbincang dengan Suara.com beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Suplai Vaksin Covid-19 untuk Pekanbaru Terkendala Persoalan Data

Pelajar saat menjalani vaksinasi Covid-19 di SMA Negeri 38, Jakarta Selatan, Kamis (15/7/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]
Pelajar saat menjalani vaksinasi Covid-19 di SMA Negeri 38, Jakarta Selatan, Kamis (15/7/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]

Langkah ini diambil, lantaran Nadia sadar tidak semua anak di bawah 17 tahun tercatat sebagai siswa di bangku sekolah, sehingga di luar data dari sekolah, anak tetap bisa mengikuti program vaksinasi Covid-19 dengan bukti KK.

Sementara itu, anak dan remaja yang mengikuti program vaksinasi via sekolah tidak memerlukan syarat KK. Ini karena sekolah sudah memiliki data diri anak yang lengkap sebagai murid.

Meski begitu, Nadia mengakui belum semua sekolah terdaftar dalam program vaksinasi Covid-19 karena terkendala distribusi, mengingat setiap daerah memiliki kuota dan fokus risiko penularan yang berbeda.

"Karena bisa saja risiko penularan lebih besar pada lansia atau usia lebih tua pada daerah tertentu, jadi fokus dulu kepada lansia. Artinya tetap ada kuota jumlah vaksin yang akan disuntikkan di hari tersebut."

"Bisa saja misalnya untuk anak-anak 15 atau 20 persen dari kuota vaksin hari itu, sisanya diberikan kepada lansia," papar Nadia.

Baca Juga: Ramai Agen Travel Tawarkan Paket Wisata Vaksinasi ke Amerika Serikat, Ini Kata Kemenkes

Dosis dan skrining kesehatan vaksinasi anak

Komentar