alexametrics

WFH Rentan Membuat Dehidrasi, Ini Dampaknya!

Vania Rossa | Aflaha Rizal Bahtiar
WFH Rentan Membuat Dehidrasi, Ini Dampaknya!
Ilustrasi WFH. [Shuttterstock]

Selain membuat Anda sulit berkonsentrasi, kurang minum juga bisa membuat Anda cepat lelah saat WFH.

Suara.com - Saat WFH, Anda rentan mengalami dehidrasi karena kurang minum. Berbeda dengan di kantor, di mana air minum disediakan di atas meja, saat di rumah Anda mungkin malas beranjak ke dapur untuk mengambil minum saat sibuk bekerja di depan laptop.

Dehidrasi saat WFH bisa menyebabkan Anda sulit berkonsentrasi. Bahkan, bisa menyebabkan sakit kepala jika terus dibiarkan. Lalu, bagaimana cara agar tetap terhidrasi saat WFH?

Dilansir dari Times of India, air menyumbang hingga 70% dari berat badan kita dan merupakan komponen penting dari banyak fungsi tubuh. Air membantu pencernaan makanan dan mengontrol suhu tubuh melalui keringat.

Dan yang tak kalah penting, dehidrasi juga dapat mengakibatkan gangguan fungsi kognitif dan penurunan kinerja fisik.

Baca Juga: 3 Tiga Resep Kopi untuk Temanin Anda Work From Home, Boleh Dicoba!

Itu sebabnya, selain membuat Anda sulit berkonsentrasi, kurang minum juga bisa membuat Anda cepat lelah saat WFH.

Lalu, apa yang harus dilakukan agar Anda tetap terhidrasi selama WFH?

1. Minum air secara teratur
Tidak ada pengganti air minum. Meskipun ruang kerja Anda di rumah ber-AC, pastikan Anda tetap terhidrasi. Anda mungkin tidak merasa haus, tetapi pastikan untuk minum secara teratur.

Minum secara teratur membantu seseorang untuk menjaga tingkat rasa lapar, tingkat energi tetap tinggi, dan pencernaan lancar. Jadi, jangan lupa letakkan botol minum di samping Anda sebelum mulai bekerja, ya.

2. Hindari minuman manis dan kafein
Saat sedang bekerja, hindari minuman manis untuk meningkatkan produktivitas kerja Anda. Pastikan juga Anda tidak mengonsumsi terlalu banyak kafein.

Baca Juga: WFH Bisa Sebabkan Burnout, Ini 5 Tips Mengatasinya

Teh hijau merupakan pengganti yang baik. Teh hijau membantu tubuh Anda menghilangkan racun dan bertindak sebagai antioksidan. Anda juga bisa minum jus buah dan jus sayuran untuk membantu tubuh tetap terhidrasi.

Komentar