alexametrics

Diabetes saat Hamil Tingkatkan Risiko Masalah Mata Anak

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Diabetes saat Hamil Tingkatkan Risiko Masalah Mata Anak
Ilustrasi Hamil (Pexels/Pixabay)

Studi menunjukkan bahwa anak dari ibu yang mengalami diabetes di masa kehamilan berisiko terkena masalah mata.

Suara.com - Anak-anak yang ibunya menderita diabetes selama kehamilan berada pada peningkatan risiko masalah mata seperti rabun jauh dan astigmatisme. Hal ini dinyatakan dalam penelitian yang diterbitkan pada jurnal Diabetologia

Melansir dari Medicinenet, secara kolektif kondisi ini dikenal sebagai kesalahan refraksi, kondisi di mana mata tidak dapat memfokuskan gambar dengan benar pada retina.

"Karena pada anak kecil dapat diobati, identifikasi dan intervensi dini dapat memiliki dampak positif seumur hidup," catat para peneliti. 

Tingkat kesalahan refraksi telah meningkat dalam beberapa dekade terakhir, menunjukkan bahwa faktor non-genetik mungkin berperan.

Baca Juga: Kenali Ragam Jenis Komplikasi Penyakit yang Berisiko Diidap Pasien Diabetes

Menggunakan komputer untuk jangka waktu yang lama atau melakukan jenis pekerjaan jarak dekat lainnya, serta kurangnya aktivitas di luar ruangan telah ditunjuk sebagai faktor risiko non-genetik utama untuk perkembangan kesalahan refraksi rendah dan sedang pada anak usia sekolah. Tetapi penyebab kesalahan refraksi yang parah (tinggi) masih tidak jelas.

Ilustrasi anak belajar menulis. (Unslpash @sdb_sjbc)
Ilustrasi anak. (Unslpash @sdb_sjbc)


Studi sebelumnya telah menemukan bahwa orang dengan kelainan refraksi parah mungkin memiliki cacat mata bawaan sebelum lahir.

Gula darah tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah janin yang dapat merusak retina dan saraf optik. Kondisi ini juga dapat menyebabkan perubahan bentuk mata yang dapat menyebabkan kesalahan refraksi. 

Untuk mempelajari lebih lanjut, para peneliti menganalisis data dari sekitar 2,4 juta orang yang lahir di Denmark antara 1977 hingga 2016. Dari mereka, lebih dari 56.000 terpapar diabetes ibu selama kehamilan.  Sekitar 0,9 persen dengan diabetes tipe 1; 0,3 persen tipe 2; dan 1,1 persen dengan diabetes gestasional.

Pada tahun 1977, 0,4 persen ibu menderita diabetes selama kehamilan dibandingkan dengan 6,5 persen pada tahun 2016. Ibu yang menderita diabetes cenderung lebih tua dan memiliki lebih banyak kehamilan sebelumnya.

Baca Juga: Baru Seperempat Pasien Diabetes Sadar Punya Gula Darah Tinggi, Kenali Gejalanya di Sini!

Secara keseluruhan, 533 anak dari ibu dengan diabetes didiagnosis dengan kelainan refraksi tinggi selama 25 tahun masa tindak lanjut, demikian juga 19.695 anak dari mereka yang tidak menderita diabetes.

Komentar