alexametrics

Begini Cara Zivanna Letisha Didik Anak Agar Miliki Sikap Proaktif

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Begini Cara Zivanna Letisha Didik Anak Agar Miliki Sikap Proaktif
Zivanna Letisha. (Dok. OT Group)

Anak dengan kepribadian proaktif akan cenderung berpikir sebelum bertindak.

Suara.com - Setiap orangtua ingin memiliki anak dengan kepribadian proaktif, yang cenderung berpikir sebelum bertindak. Dengan sikap ini, anak mampu memilih respons atau tanggapan saat menemukan masalah di depannya.

Sikap proaktif juga sering dihubungkan dengan keseharian, di mana anak dapat memiliki tanggung jawab atas dirinya sendiri, saat mengambil keputusan yang menguntungkan. Tentu saja, mendidik anak memiliki sikap proaktif di tengan pandemi merupakan hal yang penting.

Hal inilah yang dirasakan Zivanna Letisha, ibu satu anak yang saat ini juga tengah mengandung anak kembar. Untuk membiasakan anak proaktif sejak dini, mantan peserta Miss Universe Indonesia 2009 tersebut memiliki tips yang bisa Anda ikuti.

"Selalu memberikan kebebasan berekspresi kepada anak, namun tetap dalam pengawasan. Jalin komunikasi yang intens, jauhkan gadget pada saat ngobrol dengan anak," jelas dia dalam siaran pers Live Talkshow Prima Protect Plus dalam rangka peluncuran produk sabun kesehatan terbaru dari OT Group beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Inilah yang Harus Dilakukan Agar Anak Menjadi Seorang Pemberani

Selain itu, perempuan berusia 32 tahun ini juga mengatakan, penting bagi orangtua selalu fokus mendengarkan apa yang diutarakan oleh anak. Jika anak menyampaikan masalah, ajak dia untuk mencari solusi bersama.

Misalnya, saat anak mengatakan dia bosan, tanya apa solusinya. Beri pilihan apakah ia mau mengganti jenis permainan, dan biarkan dia menjalankannya selama masih aman dan tidak membahayakan.

"Dengan demikian si anak sudah dibiasakan proaktif sejak dini, tidak hanya menunggu dicarikan solusi oleh orang tuanya,” papar perempuan yang akrab dipanggil dengan Zizi ini.

Untuk bisa menjalankan semua itu, ibu juga perlu mengupayakan perlindungan maksimal keluarganya, terutama anak. Salah satunya dengan tak lupa mematuhi protokol kesehatan penting selama masa pandemi dan memilih produk-produk yang terbaik untuk seluruh anggota keluarga.

Menurut Zizi, pandemi bukanlah penghalang untuk memberikan yang terbaik bagi keluarga. Karena itu, ia selalu menyediakan Prima Protect Plus dalam bentuk masker, handsanitizer, dan handsoap dari OT Group.

Baca Juga: Terapkan Sejak Dini, 3 Cara Mendidik Anak Agar Punya Empati

"Saat ini konsumen Indonesia sudah memiliki pilihan sabun kesehatan berkualitas, aman dan memberi manfaat optimal dengan perlindungan hampir 100 persen terhadap kuman," tutup Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group.

Komentar