alexametrics

Bercinta Saat Hamil Muda, Apa Saja Dampak dan Risiko Bahayanya?

M. Reza Sulaiman
Bercinta Saat Hamil Muda, Apa Saja Dampak dan Risiko Bahayanya?
ilustrasi hami muda. (Shutterstock)

Kehamilan di bawah usia 3 bulan belum membuat perut perempuan membesar. Lalu, amankah bercinta dengan pasangan saat hamil muda?

Suara.com - Kehamilan di bawah usia 3 bulan belum membuat perut perempuan membesar. Lalu, amankah bercinta dengan pasangan saat hamil muda?

Laman BocahIndonesia menulis, umumnya berhubungan seks saat hamil aman dilakukan. Seks tidak akan memengaruhi janin, karena dilindungi oleh cairan ketuban dan otot rahim yang kuat.

Namun kekuatan otot rahim belum terbentuk dengan sempurna di trimester pertam kehamilan. Inilah yang membuat bercinta saat hamil muda tidak dianjurkan.

Lalu, apa saja risiko yang terjadi ketika bercinta saat hamil muda?

Baca Juga: Waspada, Paparan Polusi Udara saat Hamil Tingkatkan Risiko Kesehatan Jangka Panjang Anak

1. Pendarahan

Melakukan hubungan seks saat hamil bisa memberikan dampak negatif bagi ibu yang tengah mengandung, salah satunya pendarahan.

Pendarahan ini bisa membahayakan bagi ibu dan janin.

2. Keguguran

Melakukan hubungan seks saat hamil juga bisa menyebabkan keguguran. Hal ini jika hubungan intim dilakukan pada saat hamil muda oleh pasangan suami istri yang memiliki penyakit kelamin herpes genital.

Baca Juga: Nadine Chandrawinata Umumkan Kehamilan: Dirgahayu Calon Ayah

Meski jarang terjadi namun wanita hamil yang terinfeksi herpes di awal kehamilan (trimester pertama) dapat berpotensi menularkan ke janin. Hal ini bisa menyebabkan janin mengalami cacat lahir.

Lalu, bagaimana cara berhubungan seks yang aman selama kehamilan? Cara termudah adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan kandungan ke dokter.

Dokter akan memberikan saran terkait keamanan bercinta, tergantung dengan kondisi kehamilan istri. Untuk memastikan keamanan saat bercinta, ada empat hal yang harus diperhatikan, yakni:

  • Pastikan kondisi kandungan dalam keadaan sehat
  • Tidak memiliki riwayat pendarahan
  • Hindari melakukan hubungan seks 4 minggu jelang melahirkan

Itulah risiko dan dampak berhubungan seks saat hamil muda.

Komentar