alexametrics

Kini Bisa Konsultasi Dengan Dokter Spesialis Hanya dari Rumah, Begini Caranya

Bimo Aria Fundrika
Kini Bisa Konsultasi Dengan Dokter Spesialis Hanya dari Rumah, Begini Caranya
Telemedicine. (Elements Envanto)

Aplikasi ini juga menjamin ketersediaan obat bagi para pengguna dengan pembelian obat langsung dari rumah sakit terdekat pasien dan diantarkan langsung ke rumah.

Suara.com - Konsultasi dengan dokter spesialis kini juga bisa dilakukan cukup dari rumah. Melalui kecanggihan teknologi, masyarakat bisa bertatap muka lewat panggilan video untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis yang biasanya hanya bisa ditemukan di rumah sakit.

Inovasi tersebut dihadirkan telemedicine pendatang baru, AlteaCare. Aplikasi telemedicine itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang masih merasa khawatir untuk pergi keluar rumah atau berada di daerah yang kurang terjangkau dengan fasilitas Kesehatan yang memadai.

“Konsultasi melalui panggilan video merupakan fitur utama kami guna memaksimalkan keefektifan konsultasi klinis agar dapat mempermudah para dokter spesialis dalam memberikan informasi dan edukasi seputar diagnosis, evaluasi, hingga pencegahan dan pengobatan penyakit," kata Chief Executive Officer AlteaCare Mikaela Oen dalam konferensi pers daring peluncuran AlteaCare, Selasa (21/9/2021).

e-health aplikasi konsultasi online, konsultasi dokter online [shutterstock]
e-health aplikasi konsultasi online, konsultasi dokter online [shutterstock]

Selain itu, aplikasi ini juga menjamin ketersediaan obat bagi para pengguna dengan pembelian obat langsung dari rumah sakit terdekat pasien dan diantarkan langsung ke rumah, lanjut Mikaela.

Baca Juga: Aksi Tidak Terpuji, Oknum Dokter Mencampur Sperma ke Makanan Istri Temannya

Layanan konsultasi dokter spesialis itu diberikan AlteaCare bersama jaringan Rumah Sakit Mitra Keluarga sebagai mitra pertama, khususnya sebagai penyedia tenaga kesehatan, dokter spesialis serta penyediaan obat. 

Menurut Mikaela, seiring waktu, AlteaCare tentu akan semakin melebarkan kemitraannya dengan lebih banyak rumah sakit agar bisa menjangkau masyarakat lebih luas.

"Fitur yang ditawarkan oleh AlteaCare adalah telekonsultasi klinis dengan dokter spesialis berpengalaman, analisis kondisi pasien dari medical assistance AlteaCare, pembelian obat, registrasi vaksin termasuk vaksin Covid-19, pemesanan layanan laboratorium dan tes diagnosa yang semuanya dilakukan secara daring," tuturnya.

Hadir pula dalam konferensi pers tersebut Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD. Dokter Dante mengatakan bahwa kecanggihan teknologi sangat membantu dalam penanganan kesehatan selama kondisi pandemi Covid-19.

Pembatasan aktivitas fisik yang harus dibatasi, termasuk pelayanan kesehatan masyarakat, bisa diatasi dengan adanya telemedicine. Menurut Dante, telemedicine menjadi ujung tombak dalam pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

Baca Juga: Hari Olahraga Nasional, Ini Peran Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Bagi Atlet

"Dalam bidang kesehatan penggunaan telemedicine di masa pandemi merupakan bentuk dari upaya penanggulangan Covid-19 melalui inovasi pemanfaatan teknologi, informasi, dan komunikasi dalam pemberian pelayanan kesehatan di masa pandemi," kata Dante.

Komentar