alexametrics

Jauhari Johan Bagikan Tips Ikut Serta Kompetisi Olahraga Virtual, Baca Baik-baik Ya!

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
Jauhari Johan Bagikan Tips Ikut Serta Kompetisi Olahraga Virtual, Baca Baik-baik Ya!
Jauhari johan (Instagram jauharijohan)

Peraih medali emas SEA Games 2019 cabang olaharaga Duathlon, Jauhari Johan memberikan kiat sukses mengikuti kompetisi olahraga dualthlon.

Suara.com - Peraih medali emas SEA Games 2019 cabang olaharaga Duathlon, Jauhari Johan memberikan kiat sukses mengikuti kompetisi olahraga dualthlon lari dan bersepeda virtual atau virtual run & ride.

Kompetisi virtual seperti ini memang kerap diadakan di masa pandemi, lantaran kompetisi olahraga yang menimbulkan kerumunan masih dibatasi.

Menurut Jauhari setidaknya ada empat kiat yang harus dilakoni agar sukses mengikuti kompetisi virtual run & ride, salah satunya kompetisi yang diadakan NIVEA SUN & VIT 8+, berikut tips yang bisa dilakukan:

1. Rutin berlatih olahraga

Baca Juga: Jago Banget! Intip Potret Gaya Aura Kasih Main Tenis

Ilustrasi Pasangan Berolahraga. (pexels.com/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi Berolahraga. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Lantaran kompetisi ini menempuh jarak 100 kilometer untuk bersepeda dan 50 kilometer untuk berlari. Maka kata Jauhari, mutlak untuk para calon perserta berlatih rutin, untuk membiasakan tubuh dengan ritme jarak yang jauh, sehingga organ tidak kaget, yang bisa berbahaya.

"Karena banyak teman terlalu bersemangat sampai satu minggu libur tidak olahraga. Jadi diharapkan rutin berolahraga, pagi atau sore, hari ini besok pagi beorlahraga, dan jadikanlah rutinitas," tutur Jauhari saat konferensi pers, Senin (27/2021).

2. Lakukan pemanasan sebelum olahraga

Ilustrasi melakukan peregangan (Shutterstock)
Ilustrasi melakukan pemanasan (Shutterstock)

Ini juga jadi tahapan penting saat berolahraga, tujuannya agar otot, detak jantung dan aliran darah naik perlahan dan tidak naik drastis sehingga tubuh mengalami syok.

Selaiknya mesin kendaraan yang butuh dipanaskan, agar seluruh oli melumasi bagian mesin, sehingga mesin tidak cepat rusak. "Sebelum berolahraga lakukan pemanasan agar tidak cidera," ungkapnya.

Baca Juga: Penyuluhan Prokes COVID-19 Kepada Masyarakat Papua Jelang PON XX 2021

3. Gunakan sunscreen

Komentar