alexametrics

Waspadai Gangguan Tiroid, Perhatikan 5 Tandanya

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Waspadai Gangguan Tiroid, Perhatikan 5 Tandanya
Ilustrasi tiroid. (Shutterstock)

Ada beberapa kondisi yang menandakan gangguan tiroid.

Suara.com - Tiroid salah satu bagian tubuh yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kita secara keseluruhan. Sayangnya, banyak orang masih mengabaikan gangguan tiroid.

Tiroid biasanya terletak di depan leher untuk membantu menghasilkan hormon tiroid yang mengatur berbagai fungsi tubuh, mulai dari suhu tubuh, detak jantung dan lainnya.

Menurut Dr Dixa Bhavsar, tiroid yang tidak seimbang akan mempengaruhi semua fungsi tubuh, seperti metabolisme, tingkat energi, suhu tubuh, kesuburan, penambahan atau penurunan berat badan, menstruasi, kesehatan rambut, suasana hati dan detak jantung.

Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa tanda ketidakseimbangan tiroid yang membutuhkan pemeriksaan segera.

Baca Juga: Lagi, Studi Buktikan Vaksinasi Efektif Lawan Virus Corona Penyebab Sakit Covid-19

1. Metabolisme lambat dan tingkat energi menurun

Tiroid membantu mengontrol metabolisme, yang memiliki fungsi Utama mengubah makanan menjadi energi. Hal ini akan membantu Anda mencerna makanan yang dikonsumsi, menyerap nutrisi yang dibutuhkan dan memberi energi dengan memetabolisme makanan.

Saat kelenjar endokrin Anda tidak menghasilkan cukup hormon, kondisi ini akan memperlambat metabolisme yang menyebabkan penurunan tingkat energi dan kelelahan.

Ilustrasi tiroid (shutterstock)
Ilustrasi tiroid (shutterstock)

2. Perubahan berat badan

Ketidakseimbangan tiroid juga bisa menyebabkan penurunan berat badan berlebihan dan penambahan berat badan. Dr Bhavsar mengatakan orang yang menderita hipotiroidisme mungkin merasa kesulitan untuk mempertahankan berat badan yang sehat.

Baca Juga: Lebih dari 50 Persen Penyintas Virus Corona Alami Long Covid-19, Apa Sebabnya?

Karena hormon yang dilepaskan kelenjar tiroid Anda berfungsi membantu mengatur metabolisme dan mengubah makanan menjadi energi, tubuh akan gagal untuk membakar kelebihan kalori dan menyebabkan kenaikan berat badan. Kondisi ini disebabkan oleh tiroid yang tidak menghasilkan hormon dalam jumlah cukup.

3. Rambut rontok

Dr Bhavsar mengatakan tiroid akan membantu dalam penyerapan nutrisi penting, seperti zat besi, kalsium dan lainnya yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan rambut. Konon, hiper atau hipotiroidisme yang parah bisa menyebabkan kerontokan rambut akibat ketidakseimbangan hormon.

4. Menstruasi tidak teratur

Dr Bhavsar juga menyoroti dampak ketidakseimbangan tiroid pada siklus menstruasi wanita. Produksi hormon yang terlalu banyak atau terlalu sedikit bisa menyebabkan menstruasi menjadi ringan, berat atau tidak teratur.

Penyakit tiroid juga bisa menyebabkan menstruasi ertunda selama beberapa bulan, yakni suatu kondisi yang dikenal sebagai amenore. Dalam kasus ini, seseorang harus konsultasi dengan dokter kandungan.

5. Masalah kesuburan

Saat Anda mengalami ketidakseimbangan tiroid, tubuh akan kekurangan hormon tertentu yang berkaitan dengan hamil. Jika Anda memiliki tiroid yang kurang aktif atau hipotiroidisme, Anda kemungkinan akan lebih kesulitan hamil. Tak hanya berdampak pada ovulasi, tetapi juga berdampak pada kelahiran.

Komentar