facebook

Zaskia Adya Mecca Demam Berdarah, Ketahui Gejala dan Fase Infeksinya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Zaskia Adya Mecca Demam Berdarah, Ketahui Gejala dan Fase Infeksinya!
Zaskia Adya Mecca bersama empat anaknya. [Instagram]

Zaskia Adya Mecca sedang menderita demam berdarah, yang perlu dikenali gejala dan fase infeksinya.

Suara.com - Zaskia Adya Mecca sedang menderita penyakit demam berdarah (DBD) sejak 2 hari lalu. Istri Hanung Bramantyo menceritakan kondisinya sambil memperlihatkan infus di tangannya.

Mulanya, Zaskia Adya Mecca mengalami sakit kepala hebat dan sakit di seluruh badan karena penyakit demam berdarah tersebut. Ia sempat berencana rawat inap di rumah sakit, tetapi khawatir dengan anaknya yang masih membutuhkan ASI.

"Diminta istirahat dulu sama Allah, diingetin lewat nyamuk. Dua hari sakit kepala hebat padahal sudah minum obat tapi nggak hilang sakitnya, plus ngilu seluruh badan. Dua hari pula nggak bisa tidur sama sekali," kata Zaskia Adya Mecca curhat di bagian caption Instagram, Jumat (29/10/2021).

Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit menular akibat virus dengue yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti atau aede albopictus. Demam berdarah juga sempat disebut break-bone, karena kondisi ini menyebabkan nyeri sendi dan otot yang membuat tulangnya terasa retak.

Baca Juga: Dihantui Gelombang Virus Corona, Aktivitas Pasar Emas Dunia Turun Drastis

Zaskia Adya Mecca terkena demam berdarah selama dua hari. [Instagram]
Zaskia Adya Mecca terkena demam berdarah selama dua hari. [Instagram]

Gejala demam berdarah mungkin bervariasi pada setiap pasien, tergantung pada tingkat keparahan dan fase DBD mereka. Dilansir dari Hello Sehat, gejala-gejala DBD ini akan muncul dalam waktu 4-10 hari setelah digigit nyamuk aedes aegypti pertama kali, meliputi:

  1. Demam hingga 40 derajat celcius
  2. Sakit kepala
  3. Nyeri otot, tulang dan sendi
  4. Mual dan muntah
  5. Sakit di belakang mata
  6. Pembengkakan kelenjar getah bening
  7. Ruam kulit

Gejala demam berdarah ini biasanya akan membaik dalam seminggu, tetapi juga bisa berkembang semakin parah dan berisiko menyebabkan kematian.

Fase Demam Berdarah (DBD)

Fase demam berdarah sering juga disebut siklus pelana kuda. Berikut ini, fase-fase DBD yang perlu dipahami.

1. Fase demam

Baca Juga: Ahli Selidiki Varian Virus Corona Covid-19 AY.4.2, Berbahayakah?

Fase ini berupa demam tinggi yang berlangsung selama 2-7 hari bersamaan dengan gejala lain, seperti nyeri otot dan sakit kepala.

2. Fase kritis

Pada fase ini, demam akan menurun setelah 1 minggu. Tapi, pasien DBD berisiko mengalami pendarahan parah yang biasanya membutuhkan perawatan intensif pada tahap ini.

3. Fase penyembuhan

Pada fase kritis, pasien akan mengalami demam kembali. Tapi, fase ini merupakan masa penyembuhan DBD ketika trombosit perlahan kembali naik.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar