facebook

Tanda Kesuburan Wanita Sehat dan Mudah Hamil, Yuk Simak!

Yasinta Rahmawati
Tanda Kesuburan Wanita Sehat dan Mudah Hamil, Yuk Simak!
Ilustrasi Wanita Hamil (Pexels/cottonbro)

Memiliki siklus yang teratur merupakan indikator yang baik bahwa Anda subur.

Suara.com - Hamil dan melahirkan menjadi pengalaman yang dinantikan banyak wanita. Namun kita tidak bisa mengabaikan fakta bahwa kehamilan bukanlah hal yang mudah bagi semua wanita, terutama mereka yang bermasalah dengan kesuburan.

Namun di sisi lain, banyak juga wanita yang bisa hamil tanpa masalah apapun. Menurut sains, ada beberapa tanda yang dikirim tubuh untuk menyampaikan apakah seorang wanita bermasalah dengan kesuburan atau tidak.

Dirangkum dari Healthsots, berikut tanda wanita memiliki kesuburan yang sehat.

1. Siklus menstruasi konsisten

Baca Juga: Salat Sambil Duduk, Nagita Slavina Banjir Doa Netizen

Memiliki siklus yang teratur merupakan indikator yang baik bahwa Anda subur. Siklus teratur adalah bukti kuat dari ovulasi teratur, yang merupakan kondisi yang diperlukan untuk menjadi subur. Wanita dengan siklus 28 hari yang teratur cenderung untuk hamil.

2. Tidak pernah mengalami infeksi panggul

Meskipun beberapa kondisi kronis dapat menyebabkan kemandulan, memiliki riwayat infeksi juga dapat membuat sulit hamil. Sehingga, jika Anda belum pernah mengalami infeksi panggul, Anda mungkin lebih mungkin untuk hamil.

3. Sehat fisik dan mental

Merasa sehat adalah indikator yang sangat baik bahwa Anda memang sehat, baik secara fisik dan mental. Menurut penelitian, memiliki masalah kesehatan mental dapat membuat hamil lebih sulit.

Baca Juga: Profil Hanum Mega, Beauty Vlogger yang Baru Melahirkan Anak Pertama

4. Mengalami tanda-tanda ovulasi

Jika Anda memiliki menstruasi yang teratur tetapi masih mencari lebih banyak tanda-tanda yang mendukung kehamilan, Anda harus memperhatikan ovulasi. Keputihan yang encer (sebelum ovulasi), lendir serviks yang lebih kental dan nyeri payudara (setelah ovulasi) adalah tanda-tanda bahwa Anda berovulasi secara teratur.

5. Menstruasi tidak terlalu menyakitkan

Menstruasi yang sangat menyakitkan dapat mengindikasikan adanya endometriosis, suatu kondisi di mana jaringan yang biasanya melapisi rahim ditemukan di luar rahim (paling sering di rongga panggul atau ovarium), di mana hal itu dapat menyebabkan rasa sakit, jaringan parut, dan peradangan.

6. Menstruasi tidak berat

Wanita yang mengalami menstruasi yang sangat berat mungkin memiliki fibroid, yaitu tumor jinak yang dapat mengubah arsitektur rahim dan mengganggu implantasi embrio dan pertumbuhan kehamilan.

Komentar