alexametrics

Mengenal Cardiac Angiosarcoma yang Diidap Virgil Abloh sebelum Meninggal

Yasinta Rahmawati
Mengenal Cardiac Angiosarcoma yang Diidap Virgil Abloh sebelum Meninggal
Virgil Abloh. (Instagram/@virgilabloh)

Cardiac angiosarcoma merupakan kanker langka yang bersifat agresif.

Suara.com - Direktur artistik Louis Vuitton sekaligus pendiri brand Off-White, Virgil Abloh meninggal pada Minggu (28/11/2021). Pria berusia 41 tahun ini meninggal usai bertarung melawan penyakit kanker langka, cardiac angiosarcoma.

Dalam postingan sang istri di akun Instagram Virgil Abloh, diketahui bahwa desainer jenius itu sudah mendapat diagnosis penyakit sejak 2019 dan memilih tidak memberi tahu publik.

"Selama lebih dari dua tahun, Virgil dengan gagah berani berjuang melawan kanker langka yang agresif, cardiac angiosarcoma. Dia memilih untuk menanggung pertempurannya secara pribadi sejak diagnosisnya pada tahun 2019, menjalani berbagai perawatan yang menantang, sambil memimpin beberapa institusi penting yang mencakup mode, seni, dan budaya," demikian pernyataan yang diposting ke akun Instagram-nya.

Cardiac angiosarcoma (sarkoma jantung), adalah bentuk kanker langka yang menyebabkan sel-sel di dalam pembuluh darah jantung berkembang biak dan membentuk tumor.

Baca Juga: Dul Jaelani dan Tissa Biani Jenguk Ari Lasso: Banyak Orang Menunggu Suara Emasmu!

Kanker ini adalah bagian dari keluarga besar kanker yang disebut sarkoma, yang mempengaruhi jaringan ikat yang mendukung dan mengelilingi bagian lain dari tubuh, termasuk otot, lemak dan pembuluh darah.

Virgil Abloh meninggal dunia. (Instagram/@virgilabloh)
Virgil Abloh meninggal dunia. (Instagram/@virgilabloh)

Mengutip dari New York Times, angiosarcoma adalah sejenis sarkoma yang secara khusus menyerang sel-sel yang melapisi pembuluh darah, dan angiosarcoma jantung adalah angiosarcoma yang terjadi di dalam atau di sekitar jantung.

Angiosarcoma ini bersifat agresif dan dapat menyebar, atau bermetastasis, ke bagian tubuh lain, termasuk paru-paru, hati, dan sumsum tulang.

Mengutip Today, sebagian besar angiosarcoma jantung terjadi di atrium kanan yang berdampak pada aliran masuk atau keluar darah. Jika tumor terletak di perikardium (kantung tipis yang mengelilingi jantung), maka cairan dapat menumpuk dan mempengaruhi kemampuan jantung untuk memompa darah.

Jika aliran darah di jantung tersumbat, dapat menyebabkan pembengkakan kaki, tungkai, pergelangan kaki dan perut.

Baca Juga: Ari Lasso Derita Kanker Langka, Kenali Apa Itu DLBCL

Tanda-tanda bahwa angiosarcoma jantung terbentuk pada kantung yang mengelilingi jantung termasuk nyeri dada, sesak napas, kelelahan dan palpitasi.

Penyakit ini dapat dideteksi melalui berbagai tes termasuk ekokardiogram, CT scan, MRI scan dan rontgen dada.

Komentar