alexametrics

Jangan Sampai Kelebihan Vitamin D, Bisa Menyebabkan Gagal Ginjal

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Jangan Sampai Kelebihan Vitamin D, Bisa Menyebabkan Gagal Ginjal
Vitamin D (Pixabay/stevepb)

Vitamin D sangat penting untuk kesehatan, tapi jangan sampai kelebihan!

Suara.com - Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya mengonsumsi vitamin D. Nutrisi ini membantu menjaga tulang dan gigi agar tetap kuat. 

Tetapi Anda harus berhati-hati ketika mengonsumsi suplemen vitamin D, jangan sampai terlalu banyak. Sebab, kondisi ini dapat menyebabkan kalsium menumpuk di dalam tubuh.

"Mengonsumsi terlalu banyak suplemen vitamin D dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan terlalu banyak kalsium menumpuk di dalam tubuh (hiperkalsemia)," jelas NHS (layanan kesehatan Inggris).

Kondisi ini dapat melemahkan tulang dan merusak ginjal serta jantung, lapor Express UK.

Baca Juga: Musim Dingin Datang, Ini 4 Makanan untuk Tingkatkan Fungsi Vitamin D

Ilustrasi suplemen vitamin. (pixabay)
Ilustrasi suplemen vitamin D (pixabay)

NHS mengimbau agar tidak mengonsumsi lebih dari 100 mikrogram (4.000 IU) vitamin D sehari karena dapat berbahaya.

"Ini berlaku untuk orang dewasa, termasuk wanita hamil dan menyusui dan orang berusia tua (lansia), dan anak-anak berusia 11 hingga 17 tahun," imbuh NHS.

Tanda dari hiperkalsemia termasuk mual luar biasa dan nafsu makan menurun. Sementara beberapa orang mengalami muntah, hingga kehilangan berat badan.

"Sakit perut dan diare juga bisa disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi vitamin D. Dalam kasus yang paling ekstrem, dapat menyebabkan gagal ginjal," sambung NHS.

Bagi kebanyakan orang, 10 mcg vitamin D sudah cukup. Untuk anak kecil, di bawah 10 tahun, harus menghindari lebih dari 50 mcg dalam satu hari.

Baca Juga: Kekurangan Asupan Vitamin D Bisa Ganggu Fungsi Otot

Komentar