facebook

Beda dengan Pilek, Dua Gejala Varian Omicron Ini Muncul Lebih Cepat!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Beda dengan Pilek, Dua Gejala Varian Omicron Ini Muncul Lebih Cepat!
Ilustrasi virus corona Covid-19, varian Omicron (Pixabay/Coyot)

Gejala varian Omicron diketahui mirip pilek, tetapi ada dua gejala yang munculnya lebih cepat.

Suara.com - Sejauh ini, gejala varian Omicron mirip dengan gejala pilek. Hal ini membingungkan semua orang bahwa gejala yang dialaminya bisa jadi disebabkan oleh pilek atau infeksi varian Omicron.

Sedangkan, para ahli mengatakan bahwa tidak ada cara mudah untuk membedakan gejala varian Omicron dan pilek karena gejalanya yang hampir mirip.

Tapi, Profesor Onkologi Molekuler, Profesor Lawrence Young dan seorang ahli virus menunjukkan karakteristik berbeda antara varian Omicron dan gejala pilek.

"Tampaknya ada tumpang tindi antara gejala pilek dan varian Omicron. Data dari ZOE memperkirakan seperempat orang yang pilek itu justru sedang terinfeksi virus corona," kata mereka dikutip dari Express.

Baca Juga: Kronologi Warga Pinang Jadi Joki Vaksin, Mengaku Divaksin 16 Kali Tarif Berbeda

Karena gejalanya yang hampir mirip, pilek biasanya menimbulkan gejala yang bertahap dibandingkan varian Omicron.

Ilustrasi Virus Corona Varian Omicron (Envato)
Ilustrasi Virus Corona Varian Omicron (Envato)

Pada orang yang terinfeksi varian Omicron, ada dua gejala yang muncul lebih cepat, yakni sakit kepala dan kelelahan. Dua gejala itu muncul paling awal ketika Anda terinfeksi varian Omicron.

Ilmuwan data ZOE juga menganalisis data gejala dari kasus positif yang tercatat dalam studi ZOE Covid dan membandingkan dengan data dari awal Oktober 2021 ketika varian Delta masih dominan.

Hasil analisis tidak menemukan adanya perbedaan jelas antara varian Omicron dan varian Delta, karena hanya 50 persen orang yang mengalami 3 gejala umum, yakni demam, batuk dan kehilangan indera penciuman serta perasa.

Adapun 5 gejala varian Omicron yang paling sering dilaporkan, termasuk:

Baca Juga: Tak Perlu Minder, Ini 3 Alasan Ukuran Alat Vital Tak Selalu Penting Dalam Hubungan Seks

  1. Pilek
  2. Sakit kepala
  3. Kelelahan
  4. Bersin
  5. Sakit tenggorokan

Sementara ini, varian Omicron diketahui tidak menyebabkan hilangnya indra penciuman dan perasa. Tetapi, varian baru virus corona ini justru memicu hilangnya nafsu makan dan kabut otak sebagai gejala umumnya.

Temuan ini sejalan dengan sejumlah kecil data dari kontributor yang positif virus corona Covid-19 dan diduga terinfeksi varian Omicron.

Beberapa bulan lalu, penelitian ZOE Covid juga membantu mengidentifikasi lebih dari 20 sampel vatian Omicron, yang sebagian besar menunjukkan gejala ringan mirip pilek.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar