facebook

Kakak Zara Adhisty Mengaku Takut Tidur, Mengidap Somniphobia?

Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Kakak Zara Adhisty Mengaku Takut Tidur, Mengidap Somniphobia?
Adhisty Zara dan kakaknya, Kyla [Instagram/@hasyakyla]

Kyla pun mengungkapkan bahwa ia takut ketika tertidur, ada hal-hal terjadi di sekitarnya.

Suara.com - Kakak Adhisty Zara, Hasyakyla mengaku bahwa dirinya takut untuk tertidur. Hal ini membuatnya selalu tertidur di pagi hari ketika matahari sudah terbit.

Kyla pun mengungkapkan bahwa ia takut ketika tertidur, ada hal-hal terjadi di sekitarnya. Kondis ini pun membuat Kyla lelah.

"Ini lumayan menyiksa sih, bukan penyakit susah tidur tapi lebih ke takut tidur. Gue juga gak tau kenapa gue sepenakut itu. Takut gelap, takut hantu, takut ini itu, sering kali udah ngantuk tapi tiap liatin, parno mati lampu, parno denger suara, parno hal-hal lainnya yang berujung tidur pas udah ada matahari aja. Jujur capek, capek banget," tulis Kyla di Instagram Story, Senin (3/1/2022).

Berdasarkan Hello Sehat, ketakutan akan tertidur dapat disebut dengan somniphobia atau hypnophobia.

Baca Juga: Bikin Heran, Bocah Bisa Tidur di Sembarang Tempat, Warganet: Putri Tidur Sesungguhnya

Orang yang memiliki kondisi ini merasa khawatir dengan hal-hal buruk yang terjadi selama tidur. Karena berbagai alasan, mereka akan melakukan segala cara agar tetap terjaga.

Postingan Hasya Kyla (instagram.com)
Postingan Hasya Kyla (instagram.com)

Pada umumnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang fobia akan sesuatu, seperti genetika, pengalaman hidup, atau hal lain yang memengaruhi perkembangan otak dalam menilai sesuatu.

Beberapa gejala dari somniphobia adalah:

  • Mimpi buruk
  • Gangguan kecemasan
  • Takut akan kematian
  • Pengalaman traumatis
  • Parasomnia
  • Menonton film atau buku bergenre horor

Apabila kondisi ini tidak diatasi, maka lambat laun akan mengganggu kesehatan tubuh. Sebab, salah satu fungsi tidur adalah untuk memperbaiki fungsi organ dan 'membuang racun' di dalam tubuh. Saat tidur, tubuh juga memproduksi hormon yang akan berperan sebagai sistem kekebalan.

Namun, tidak diketahui secara pasti apakah Hasyakyla mengidap somiphobia atau gangguan kecemasan lain karena belum ada diagnosis pasti.

Baca Juga: Waspadai Tetap Kelelahan Setelah Bangun Tidur, Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar