facebook

Baru 1 Bulan Rayyanza Sudah Disunat, Ternyata Ini Manfaat Khitan Sejak Dini

Bimo Aria Fundrika | Dini Afrianti Efendi
Baru 1 Bulan Rayyanza Sudah Disunat, Ternyata Ini Manfaat Khitan Sejak Dini
Anak Raffi Ahmad, Rayyanza Malik Ahmad nampak tenang saat disunat. [Instagram]

Tindakan sunat bayi memang cukup jarang di Indonesia, karena kebanyakan orangtua pilih anak lelaki disunat saat berusia balita atau di atas 2 tahun.

Suara.com - Putra Kedua Nagita Slavina dan Raffi Ahmad, Rayyanza Malik Ahmad disunat saat usianya baru satu bulan.

Pengalaman ini disampaikan Raffi Ahmad melalui instagram pribadinya, @raffinagita1717. Lengkap dengan video pendek yang ia posting memperlihatkan Rayyanza memakai selimut hijau, dan didampingi oleh para dokter.

"Bismillahirrahmanirrahim, Rayyanza mau sunat, doain ya, amin," tutur Raffi di video tersebut dikutip suara.com, Rabu (5/1/2022)

Tindakan sunat bayi memang cukup jarang di Indonesia. Kkebanyakan orangtua pilih anak lelaki disunat saat berusia balita atau di atas 2 tahun.

Baca Juga: Rayyanza Malik Ahmad Disunat, Ekspresinya Bikin Gemas

Menariknya, ternyata menurut Integral Medical Center, London bayi laki-laki baru lahir sudah bisa disunat di usia 7 hingga 14 hari, selama kondisi bayi dalam keadaan sehat dan stabil.

Ilustrasi alat bedah untuk sunat, khitan, atau sirkumsisi. (Shutterstock)
Ilustrasi alat bedah untuk sunat, khitan, atau sirkumsisi. (Shutterstock)

Mengutip Hello Sehat, para ahli medis menyarankan anak disunat saat bayi berusia satu minggu, karena darah yang keluar saat proses sunat masih sedikit.

Apalagi saat masih bayi, pembentukan sel jaringan sedang tumbuh dengan pesat. Ditambah rasa sakit yang dirasakan juga belum terlalu berat.

Pada usia bayi, risiko trauma oleh proses sunat juga tidak akan berpengaruh untuk masa depan anak.

Di sisi lain, mengutip Healthy Children menurut American Academy of Pediatrics, sunat pada anak lelaki punya lebih banyak manfaat dibandingkan risikonya.

Baca Juga: Viral Sultan Gadungan yang Buang Uang dari Tebing Ditangkap Polisi, Ini Faktanya

Disimpulkan bahwa bayi yang disunat punya risiko lebih kecil alami infeksi saluran kemih. Meski tidak umum pada anak lelaki, tapi infeksi ini lebih jarang terjadi pada anak lelaki yang disunat di tahun pertama kehidupan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar