facebook

Ketahui Ciri-Ciri Penyakit Paru-Paru dan Jenisnya

Yasinta Rahmawati
Ketahui Ciri-Ciri Penyakit Paru-Paru dan Jenisnya
Ilustrasi gambar (freepik)

Ciri-ciri penyakit paru-paru secara umum meliputi: sesak nafas, pilek, alergi, batuk kronis, batuk berdarah, dan produksi lendir kronis.

Suara.com - Setiap napas yang dihirup membawa oksigen (O2) dari paru- paru menuju aliran darah. Namun, lain ceritanya jika Anda memiliki penyakit paru-paru. Lantas, apa saja ciri-ciri penyakit paru-paru?

Diketahui, jumlah wanita AS yang didiagnosis terkena penyakit paru-paru meningkat. Dan semakin banyak wanita yang meninggal karena penyakit paru-paru.

Adapun gejalanya dapat menyerupai pilek atau alergi, jadi tetap waspada terhadap tanda-tanda peringatan dapat membantu Anda mendeteksi dan mengobati masalah penyakit paru sejak dini.

Untuk lebih jelasnya, mari simak berikut ini ciri-ciri penyakit paru-paru selain pilek dan alergi yang dilansir dari situs Premier Health, Rabu (5/1/2022).

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Sesak Nafas, Lakukan Rutin untuk Hasil Maksimal

1. Sesak napas 

Nafas yang tidak normal atau sesak napas tanpa alasan bisa menjadi salah satu ciri penyakit paru yang perlu diwaspadai. Misal, jika Anda tiba2 merasa dada sesak padahal tidak sedang melakukak apapun, itu bisa jadi tanda atau gejala penyakit paru.

Sesak napas. [Freepik]
Sesak napas. [Freepik]

2. Sulit bernapas

Ciri berikutnya yaitu merasa seperti tidak mendapatkan cukup udara. Anda merasa kesulitan untuk bernapas adalah salah satu tanda peringatan adanya masalah pada paru-paru Anda. 

3. Batuk kronis

Baca Juga: Nindy Ellesse Meninggal karena Paru-Paru Penuh Cairan, Waspadai Penyebabnya!

Batuk selama lebih dari sebulan atau batuk kronis juga merupakan salah satu tanda bahwa ada yang tidak beres dengan sistem pernapasan Anda atau ada masalah dengan paru-paru Anda.

4. Batuk darah

Batuk darah juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa paru-paru Anda bermasalah. Darah yang keluar saat batuk mungkin saja berasal dari paru-paru atau saluran pernapasan bagian atas. 

Ilustrasi batuk. (Shutterstock)
Ilustrasi batuk. (Shutterstock)

5. Produksi lendir kronis

Lendir dapat bertahan melawan infeksi atau iritasi. Tetapi peningkatan produksi lendir selama lebih dari sebulan bisa mengindikasikan adanya penyakit paru-paru.

Jika Anda mengalami beberapa gejala atau ciri-ciri seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Jenis Penyakit Paru-Paru

Penyakit paru-paru ini biasanya mengacu pada berbagai gangguan yang mempengaruhi pernapasan atau paru-paru. Ketika Anda memiliki penyakit paru-paru, tubuh Anda mungkin tidak mendapatkan cukup oksigen. Adapun penyakit paru-paru yang paling umum meliputi:

  • Asma
  • Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)
  • Kanker Paru-paru

Demikian informasi mengenai ciri-ciri penyakit paru-paru yang penting untuk diketahui. Jangan sepelekan jika Anda mengalami gejala-gejala seperti yang disebutkan di atas, segeralah periksakan diri ke dokter atau ahli kesehatan agar gejalanya tidak semakin parah.

Kontributor : Ulil Azmi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar