facebook

Terungkap, Alasan Mengapa Penyebab Kematian Tiga Anak Di Jakarta Disebut Hepatitis Misterius

Bimo Aria Fundrika
Terungkap, Alasan Mengapa Penyebab Kematian Tiga Anak Di Jakarta Disebut Hepatitis Misterius
Ini Daftar Negara Yang Diserang Hepatitis Misterius, Capai Ratusan Kasus! (unsplash.com)

Mengancam nyawa. Beberapa cangkok hati. Diduga Adenovirus 41 yang sebelumnya tak pernah merusak liverkecuali imunitas buruk," kata Zubairi dalam Twitternya

Suara.com - Belakangan duni dihebohkan dengan temuan kasus hepatitis misterius. Di Indonesia sendiri tiga anak diduga meninggal akibat hepatitis misterius tersebut.

Lantas, mengapa penyakit tersebut disebut hepatitis misterius? Dalam Twitter pribadinya, Ketua Satgas Covid-19 IDI, Profesor Zubairi Djoerban mengatakan penyakit tersebut disebut hepatitis misterius karena penyebabnya bukan virus hepatitis A, B, C, D, dan E yang dikenal

Mengancam nyawa. Beberapa cangkok hati. Diduga Adenovirus 41 yang sebelumnya tak pernah merusak liver—kecuali imunitas buruk," kata Zubairi dalam Twitternya.

Ia juga mengatakan bahwa penyakit tersebut menyerang anak-anak yang notabene imunitasnya bagus.

Baca Juga: Dinas Kesehatan Kota Sukabumi Siapkan Ini untuk Merespon Hepatitis Misterius

nfeksi hepatitis akut itu juga telah mewabah di Indonesia. Kementerian Kesehatan bahkan melaporkan adanya kematian tiga anak di Jakarta akibat penyakit tersebut pada akhir April lalu.

Hepatitis Akut misterius [Antara]
Hepatitis Akut misterius [Antara]

"Ketiga pasien ini merupakan rujukan dari rumah sakit yang berada di Jakarta Timur dan Jakarta Barat," kata juru bicara Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmidzi seperti diberitakan Antara, Selasa (3/5/2022).

Gejala yang ditemukan pada pasien-pasien tersebut berupa mual, muntah, diare berat, demam, tubuh kuning, kejang, dan penurunan kesadaran.

Kemenkes melalui Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit mengeluarkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/2515/2022 Tentang Kewaspadaan terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology) tertanggal 27 April 2022.

Baca Juga: Pakar Ungkap Penyebab Hepatitis Akut Masih Dianggap Misterius

Komentar