facebook

5 Khasiat Bawang Lanang untuk Kesehatan

Yasinta Rahmawati
5 Khasiat Bawang Lanang untuk Kesehatan
Ilustrasi khasiat bawang lanang. (Pexels)

Sudah tahu khasiat bawang lanang untuk kesehatan? Bawang tunggal ini cukup terkenal, dan dicari masyarkat karena khasiatnya!

Suara.com - Istilah bawang lanang atau di perkotaan disebut dengan bawang putih tunggal, mungkin sudah banyak Anda dengar. Hal ini tidak lepas dari khasiat bawang lanang yang dikabarkan demikian banyak, sehingga diminati masyarakat sebagai alternatif mengatasi berbagai keluhan kesehatan.

Tapi sebenarnya, bagaimana fakta manfaat bawang lanang ini sendiri? Apakah benar bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut sederet khasiat bawang lanang yang bisa dibagikan.

1. Membantu Mencegah Komplikasi Kehamilan

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan saat Musim Hujan, Salah Satunya Jaga Imunitas Tubuh!

Khasiat pertama yang bisa diberikan adalah untuk ibu hamil, dalam rangka membantu mencegah komplikasi kehamilan yang mungkin terjadi. Dengan kandungan di dalamnya, bawang putih tunggal dapat memaksimalkan kinerja enzim yang menurun saat ibu dalam masa kehamilan.

Keseimbangan enzim adalah hal yang penting untuk menjaga kondisi ibu dan janin yang ada di dalam kandungan, sehingga khasiatnya nyata dirasakan untuk konteks ini.

2. Menurunkan Kolesterol Jahat

Dalam rangka menekan kolesterol jahat di dalam darah, konsumsi bawang tunggal ini bisa menjadi opsi. Penelitian menunjukkan dengan konsumsi rutin selama 4 minggu, terdapat penurunan kadar kolesterol jahat di dalam darah hingga mencapai 12%.

Manfaat bawang lanang. (Shutterstock)
Manfaat bawang lanang. (Shutterstock)

3. Imunitas pada Kanker

Baca Juga: 4 Rekomendasi Olahraga yang Aman saat Pandemi Covid-19, Tertarik Mencobanya?

Serangan kanker bisa dialami oleh siapa saja. Konsumsi jenis bawang ini juga diklaim dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh pada beberapa jenis kanker, khususnya kanker yang berhubungan dengan area usus.

Komentar