facebook

Jangan Asal, Ini Syarat Untuk Lepas Masker di Ruangan Terbuka

Bimo Aria Fundrika
Jangan Asal, Ini Syarat Untuk Lepas Masker di Ruangan Terbuka
Ilustrasi lepas masker (unsplash.com))

Selain itu, dia tetap menyarankan pemakaian masker saat beraktivitas di luar rumah atau di tempat yang penuh dengan kerumunan orang.

Suara.com - Presiden Joko Widodo memang telah mengizinkan masyarkat untuk melepas masker di luar ruangan. Meski demikian, Direktur Promosi Kesehatan & Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan dr. Imran Agus Nurali, Sp. KO mengingatkan masyarakat untuk tak asal lepas masker.

Ia meminta masyarakat untuk tetap waspada saat melepas masker. Meski angka Covid-18 terkendali, ia mengimbau masyrakat untuk tetap berhati-hati.

Seperti dikutip dari ANTARAm Imran mengatakan bahwa ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus diketahui masyarakat mengenai pelonggaran masker di tempat umum. Syarat pertama adalah memastikan sudah mendapat vaksinasi lengkap sebelum memutuskan untuk membuka masker ketika berada di luar ruangan.

"Walaupun kebijakan untuk melepas masker karena pandemi Covid-19 telah terkendali, vaksinasi Covid-19 tetap dilanjutkan sampai dosis lengkap yaitu 2 dosis untuk melindungi diri sendiri dan orang lain," kata dia.

Baca Juga: Positif COVID-19, Kim Woo Bin Menghentikan Semua Kegiatan yang Dijadwalkan

Syarat selanjutnya adalah memastikan tidak ada penyakit komorbid. Ia menyarankan kelompok masyarakat dengan penyakit yang menyerang imunitas, hipertensi, diabetes, dan penyakit komorbid lainnya untuk tetap memakai masker di luar ruangan.

Selain itu, dia tetap menyarankan pemakaian masker saat beraktivitas di luar rumah atau di tempat yang penuh dengan kerumunan orang.

Ilustrasi melepas masker. (Elements Envato)
Ilustrasi melepas masker. (Elements Envato)

Masker disarankan tetap dipakai meski sudah ada pelonggaran bagi penderita Tuberkolusis atau TBC. Indonesia adalah salah satu negara dengan penderita penyakit tuberkulosis (TBC) tertinggi, sehingga penting untuk tetap menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Di wilayah-wilayah perkotaan, polusi udara juga masih cukup tinggi. Dengan adanya kendaraan umum dan tempat-tempat industri, sebaiknya kita tetap menggunakan masker karena akan melindungi kita dari polusi,” tambah Imran.

Ia juga mengingatkan agar masyarakat melakukan kebiasaan untuk mencuci tangan dengan bersih menggunakan sabun di bawah air mengalir ataupun hand sanitizer saat bepergian.

Baca Juga: Uni Eropa Izinkan Vaksin Covid-19 AZD1222 Buatan AstraZenca Digunakan Sebagai Booster

Komentar