facebook

Update Covid-19 Global: Korea Utara Lakukan Tes Covid-19 di Sungai, Danau, dan Sampah

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Update Covid-19 Global: Korea Utara Lakukan Tes Covid-19 di Sungai, Danau, dan Sampah
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengenakan masker di tengah wabah COVID-19 saat memeriksa apotek di Pyongyang, dalam foto tak bertanggal yang dirilis Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) Korea Utara pada 15 Mei 2022. ANTARA/KCNA via Reuters/as

Update Covid-19 global mengabarkan Korea Utara yang masih berperang melawan virus Corona.

Suara.com - Update Covid-19 global mengabarkan Korea Utara yang masih berperang melawan virus, bahkan pemerintahannya melakukan tes Covid-19 pada sungai, danau, udara, air hingga sampah.

Di sisi lain, data Worldometers, Jumat (27/5/2022) menunjukan total infeksi di dunia mencapai 530 juta, dengan total 6,3 juta kematian. Kini total kasus aktif atau jumlah orang yang masih bisa menularkan Covid-19 mencapai 23,1 juta.

Mengutip Channel News Asia, Korea Utara sedang berjuang melawan gelombang Covid-19 pertamanya. Negara tertutup itu akhirnya melakukan lockdown atau penguncian nasional.

Kini negara yang dipimpin Kim Jong Un itu juga sedang melakukan desinfeksi di seluruh negeri, dan hal itu membuahkan hasil dengan menurunnya jumlah kasus demam yang melanda masyarakatnya.

Baca Juga: Jepang Longgarkan Aturan Perjalanan COVID-19, Warga Boleh Kunjungi AS Tapi Diminta Hindari Timur Tengah

Klaim ini disampaikan meskipun di negara itu belum memiliki kapasitas tes Covid-19 yang mumpuni, terlebih sebagian besar masyarakatnya belum divaksinasi Covid-19. Ditambah alat kesehatan dan fasilitas kesehatan di negara itu juga sebagai terbatas.

Adapun per hari, ada sekitar 100.460 kasus demam. Tapi tren kasus harian ini cenderung menurun dibanding minggu sebelumnya 200 ribu kasus per hari.

Sebelumnya, dengan berbagai keterbatasan kondisi di Korea Utara, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengkhawatirkan adanya varian baru sebagai dampak dari banyaknya warga yang terinfeksi tapi belum divaksinasi.

Kini total kasus demam yang mengarah pada Covid-19 di Korea Utara mencapai 3,2 juta kasus dari total 25 juta penduduk. Sedangkan kasus kematian total 69 orang sudah meninggal dunia.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Ungkap Penangan Pandemi di Indonesia Terkendali dengan Baik Pasca Libur Lebaran

Komentar