facebook

Masyarakat Antusias Ikut Vaksinasi Covid-19 Gratis di Jakarta Fair

Bimo Aria Fundrika
Masyarakat Antusias Ikut Vaksinasi Covid-19 Gratis di Jakarta Fair
Vaksinasi Covid-19. (Dok: Kementerian Kesehatan)

Sejak Covid-19 Omicron subvarian BA.4 dan BA.5 masuk ke Indonesia, hingga 19 Juni 2022 tercatat jumlah penambahan kasus Covid-19 baru sebanyak 1.167 orang. Dari

Suara.com - Antusiasme masyrakat untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 gratis kembali meningkat. Hal ini terlihat dari booth vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) di Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair Kemayoran 2022. 

Staf Ahli Menkes sekaligus Chief of DTO Kemenkes RI, Setiaji menjelaskan, keikutsertaan Kemenkes RI di Jakarta Fair Kemayoran 2022 ini dimaksudkan untuk mensosialisasikan berbagai program transformasi digital kesehatan sekaligus membuka layanan kesehatan gratis bagi para pengunjung.

“Selain untuk mengenalkan transformasi digital kesehatan kepada publik, dengan posko vaksinasi Kemenkes RI di Jakarta Fair kali ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan kesadaran akan pentingnya vaksin booster dan anak untuk memperkuat imunitas tubuh. Terutama dalam menghadapi kenaikan kasus positif Covid-19 akibat subvarian baru,” ujar Setiaji, Kamis (23/6/2022), dalam keterangannya.

Seperti yang diketahui sebelumnya, sejak Covid-19 Omicron subvarian BA.4 dan BA.5 masuk ke Indonesia, hingga 19 Juni 2022 tercatat jumlah penambahan kasus Covid-19 baru sebanyak 1.167 orang. Dari jumlah tersebut, DKI Jakarta menyumbang angka kasus positif terbesar, yakni 735 orang.

Baca Juga: Dukung UMKM, Jasa Pengiriman Ini Klaim Punya Tarif Murah dan Tepat Waktu

Vaksinasi Covid-19. (Dok: Kementerian Kesehatan)
Vaksinasi Covid-19. (Dok: Kementerian Kesehatan)

Selain vaksinasi Covid-19, Kemenkes RI bersama BUMN Farmasi Holdings juga membagikan berbagai voucher gratis vaksinasi lain meliputi HPV serviks, influenza, meningitis, dan sebagainya. Disediakan juga layanan kesehatan gratis seperti pengecekan kadar gula darah, kolesterol, hingga jantung.

“Saya berharap pengunjung Jakarta Fair dapat memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan untuk mendapatkan berbagai layanan kesehatan gratis dan vaksinasi yang kami berikan untuk memperkuat imunitas tubuh dan lebih aman beraktivitas di tengah pandemi,” kata Setiaji.

Selain layanan kesehatan, di sini Kemenkes RI juga memamerkan berbagai teknologi kesehatan yang sedang dikembangkan. Salah satunya pengunjung dapat mencoba Kardinah Tegal Verse, sebuah teknologi virtual reality yang telah dimanfaatkan dalam proses pelatihan pertolongan pertama bagi tenaga kesehatan di Kota Tegal.

Seluruh layanan kesehatan dan vaksinasi Covid-19 tersebut tersedia bagi para pengunjung yang telah memiliki tiket Jakarta Fair dan dibuka pada hari Senin-Jumat pukul 15:30-20:00 WIB. Adapun jenis vaksin yang tersedia yaitu Pfizer dan Sinovac.

Sebagai informasi, booth Kemenkes RI yang didukung penuh oleh Dinkes DKI Jakarta, BUMN Farmasi Holdings (Biofarma, Kimia Farma, Indofarma), Halodoc, dan GE Healthcare ini dapat dikunjungi Hall B2 (11, 11B, 12, 12A) sepanjang gelaran Jakarta Fair berlangsung hingga 17 Juli 2022 nanti.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Covid-19, DPR Minta Pemerintah Awasi Ketat Kegiatan Skala Besar

Komentar