facebook

Tak Sekadar Merapikan Gigi, Ternyata Ada 5 Manfaat Pakai Behel yang Bisa Kamu Dapatkan

Vania Rossa
Tak Sekadar Merapikan Gigi, Ternyata Ada 5 Manfaat Pakai Behel yang Bisa Kamu Dapatkan
Ilustrasi pakai behel. (Shutterstock)

Apa saja manfaat pakai behel?

Suara.com - Pada orang yang memiliki susunan gigi tidak rata, pakai behel adalah solusi yang umum diberikan oleh dokter gigi. Tapi, tahukah kamu, ternyata pakai behel alias kawat gigi tak sekadar merapikan susunan gigi, lho.

Pakai behel juga bisa membantu mengatasi beberapa masalah yang terkait dengan mulut. Apa saja? Yuk, simak lima manfaat lain pakai behel, seperti dilansir dari laman Molesorthodontics.

1. Memperbaiki artikulasi
Struktur gigi yang tidak rata dapat berdampak kepada kejelasan kata yang kita ucapkan. Nah, penggunaan behel ternyata dapat membantu memperbaiki artikulasi. Hal ini karena behel membantu membuat gigi menjadi rata, sehingga secara langsung membuat artikulasi menjadi lebih jelas.

2. Mencegah erosi tulang
Gigi yang tidak rata atau sejajar dapat menyebabkan keropos pada tulang, lho. Hal ini terjadi karena bakteri pada mulut menggerogoti tulang. Nah, penggunanan behel akan menggerakkan ligamen periodontal dengan meregangkan jaringan ikat dan saraf. Hal ini akan membuat tulang terbentuk kembali secara alami.

Baca Juga: Pilu! Cewek Minta Hadiah Kawat Gigi, Ortu Tak Tepati Janji Karena Dijemput Ajal

3. Membantu pencernaan
Bentuk gigi yang tidak sejajar akan membuat makanan yang masuk ke perut tidak hancur secara maksimal. Akibatnya, lambung akan membutuhkan waktu yang lama untuk mencerna makanan tersebut. Dengan menggunakan behel, gigi akan kembali menjadi rata sehingga makanan yang dikonsumsi dapat dihancurkan menjadi lebih halus. Hal ini akan membantu lambung agar mencerna makanan lebih baik.

4. Meningkatkan kesehatan
Gigi yang tidak rata dan bentuknya tumpang tindih akan membuat kita kesulitan ketika menggosok gigi. Akibatnya, gigi tidak bisa dibersihkan secara maksimal. Dengan menggunakan behel, gigi akan menjadi lebih rata sehingga lebih mudah untuk dibersihkan.

5. Meningkatkan kepercayaan diri
Menggunakan behel akan berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan diri seseorang. Biasanya seseorang yang memiliki gigi tidak rata akan merasa malu untuk tersenyum. Dengan menggunakan behel dan gigi lebih rapi, kita pun akan menjadi lebih percaya diri untuk tersenyum.

Komentar