Meski Mengandung Nutrisi, Air Bawang Merah Tidak Selalu Baik untuk Kesehatan Rambut

Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Meski Mengandung Nutrisi, Air Bawang Merah Tidak Selalu Baik untuk Kesehatan Rambut
Ilustrasi rambut kering (pexels/Moose Photos)

Bagaimana cara untuk menjaga rambut tetap sehat dan berkilau?

Suara.com - Beberapa waktu lalu, rapper Cardi B membagikan 'resep' agar rambutnya berkilau dan sehat, yakni keramas menggunakan air rebusan bawang merah.

"Dua kali keramas terakhir, aku merebus bawang merah dan menggunakan airnya untuk mencuci rambut," tulis Cardi B di Instagram pekan lalu.

Beberapa ahli mengatakan bahwa sifat dasar bawang merah dapat membantu memelihara dan meningkatkan kesehatan kulit kepala serta rambut.

Namun, menyadur The Healthsite, bawang juga memiliki kadar sulfur yang tinggi. Kandungan ini dapat mengiritasi kulit kepala.

Baca Juga: Jual Konten Rambut Panjang, Wanita Ini Raup Jutaan Rupiah Setiap Bulan

Air bawang tidak selalu baik untuk rambut

Ilustrasi bawang merah (pixabay/Suanpa)
Ilustrasi bawang merah (pixabay/Suanpa)

Ketika air bawang yang mengenai kulit kepala dapat bertindak sebagai iritan, yang artinya bisa mengiritasi. Ini akan meningkatkan sirkulasi darah, tetapi hanya sementara.

Efeknya bisa menyebabkan sensasi gatal, terbakar, atau bahkan ruam. Kondisi ini dapat berbahaya karena meningkatkan kerontokan rambut.

Bila tidak dibilas dengan benar, akan menyebabkan hipersensivitas. Menggunakannya secara berlebihan beberapa kali seminggu dapat membuat kulit kepala lebih sensitif dan memperburuk kerontokan rambut.

Kelebihan air bawang juga akan mennyerap kelembapan alami serta minyak dari kulit keoala, yang dapat membuat kering.

Baca Juga: 3 Makanan Sehat yang Dapat Mencegah Rambut Rontok

Air bawang tidak dianjurkan bagi orang yang rentan terhadap alergi, menderita psoriasis, atau eksim.

Pendekatan yang lebih holistik untuk merawat rambut dan kulit kepala, seperti diet seimbang, menghidrasi tubuh, tidur teratur, serta mempraktikkan perawatan rambut secara teratur akan membuat rambut lebih sehat.