Nagita Slavina Keguguran karena Pijat saat Hamil Muda Sebelum Rayyanza Cipung Lahir: Bolehkah Ibu Hamil Dipijat?

Bimo Aria Fundrika | Dini Afrianti Efendi
Nagita Slavina Keguguran karena Pijat saat Hamil Muda Sebelum Rayyanza Cipung Lahir: Bolehkah Ibu Hamil Dipijat?
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Pillow Talk (YouTube RANS Entertainment)

Kabar Nagita Slavina sempat keguguran ini kembali diungkap Irfan Hakim saat menjadi host program FYP, dan ibu dua anak itu menjadi bintang tamunya.

Suara.com - Raffi Ahmad membenarkan istrinya Nagita Slavina sempat keguguran sebelum hamil Rayyanza atau Cipung. Menurut ayah Rafathar Malik Ahmad itu, istrinya keguguran karena dipijat saat hamil muda atau kehamilan trimester pertama. Tapi, benarkah pijat saat hamil sebabkan keguguran?

Kabar Nagita Slavina sempat keguguran ini kembali diungkap Irfan Hakim saat menjadi host program FYP, dan ibu dua anak itu menjadi bintang tamunya.

"Karena dia itu, hamilnya, terus dipijat kan pegel banget, 4 bulan baru ada tukang pijit, keluar deh," ujar Raffi kepada Irfan Hakim melalui potongan video yang diunggah akun instagram @insta_julid dikutip suara.com, Selasa (29/11/2022).

Menurut Raffi, istrinya hamil setelah keluarga kecilnya yang saat itu hanya bersama Rafathar tinggal di luar negeri selama 4 bulan. Namun karena terlalu lelah, dan di luar negeri tidak ada tukang pijat, jadilah setibanya di Indonesia Nagita minta dipijat.

Baca Juga: CEK FAKTA: Boyong Anak, Nagita Slavina Pilih Pisah karena Raffi Ahmad Selingkuh, Benarkah?

Menurut Nagita Slavina, saat itu ia sama sekali tidak mengetahui jika dirinya dalam keadaan hamil, karena kehamilannya masih dalam hitungan minggu.

"Kan waktu itu keguguran aku nggak tahu, masih baru banget hamilnya. Udah gitu emang katanya capek banget waktu itu," jelas Nagita.

Adapun mengutip Evolution Health Service, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung bahwa pijatan bisa menyebabkan keguguran. Tetapi, saat hamil tidak boleh menjalani sembarangan pijat di tubuh.

Ibu hamil bisa melakukan pijat, asalkan perawatan di bawah terapis berpengalaman dan metode pijat memang dikhususkan untuk kehamilan. Sehingga pijat kehamilan tidak hanya aman, tetapi juga bermanfaat untuk ibu hamil dan calon bayi.

Keguguran kerap didapati terjadi setelah pijat. Namun, pijat bukanlah penyebab paling umum keguguran. Kondisi ini bisa terjadi karena embrio tidak normal secara kromosom dan tidak bisa hidup.

Baca Juga: Tetap Tampak Mewah, Ternyata Bros yang Dipakai Nagita Slavina Nggak Sampai Rp10 Ribu

Sehingga, pijat tubuh bukan satu-satunya penyebab ibu hamil keguguran. Berbeda dengan pijat refleksi, Ibu hamil memang perlu hati-hati ketika melakukan perawatan ini.